sign up SIGN UP

5 Kebiasan Buruk Penyebab Perut Buncit pada Remaja

tyana | Senin, 12 Jul 2021 14:00 WIB
5 Kebiasan Buruk Penyebab Perut Buncit pada Remaja
caption

Perut buncit menjadi salah satu permasalahan yang banyak dialami oleh remaja. Perubahan fisik pada remaja memang merupakan hal normal yang terjadi. Hal ini dikarenakan masa ini merupakan masa peralihan dari anak-anak ke dewasa. Namun perlu kamu tahu bahwa kondisi perut buncit bukan merupakan salah satu dari perubahan ini, lho.

Untuk itu, agar tidak mengganggu penampilan kita perlu untuk menghindari penyebab perut buncit pada remaja berikut.

Jarang Makan Sayuran dan Buah

Bikin Nggak Pede! Ternyata ini Penyebab Perut Buncit pada Remaja
Jarang makan sayur menjadi penyebab perut buncit pada remaja/Foto: Freepik/jcomp

Sayuran dan buah memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi. Serat dan vitamin dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah untuk memperlancar proses pencernaan. Pencernaan yang terhambat dapat menyebabkan perut buncit. Tidak hanya itu, kandungan dalam buah dan sayur juga dapat membantu tubuh memaksimalkan proses metabolisme dan pembakaran lemak sehingga dapat menghancurkan lemak yang tertimbun di perut.

Konsumsi Minuman Manis Berlebih

Bikin Nggak Pede! Ternyata ini Penyebab Perut Buncit pada Remaja
Minuman manis penyebab perut buncit pada remaja/Foto: Freepik/drobotdean

Beauties, minuman manis memang lebih enak untuk dikonsumsi daripada air putih. Sayangnya, mengonsumsi minuman manis secara berlebihan dapat menghambat metabolisme tubuh sehingga tubuh lebih lama dalam membakar kalori dan lemak. Tidak hanya itu minuman manis juga memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga tubuh akan menyimpannya menjadi cadangan lemak di bawah perut.

Kurang Tidur di Malam hari

Bikin Nggak Pede! Ternyata ini Penyebab Perut Buncit pada Remaja
Kurang tidur penyebab perut buncit pada remaja/Foto: Freepik/kamranAydInov

Kurang tidur di malam hari ternyata menjadi salah satu penyebab perut buncit pada remaja. Penelitian di Journal of Clinical Sleep Medicine, pun menghubungkan durasi tidur dengan berat badan, lho.

Hal ini dikarenakan saat tidur tubuh kita tidak hanya beristirahat, tetapi juga tetap bekerja dalam membakar lemak, dan juga regenerasi sel. Untuk itu kurang tidur di malam hari dapat menghambat kerja tubuh dan juga memicu penumpukan lemak visceral atau lemak perut.

Stres

Bikin Nggak Pede! Ternyata ini Penyebab Perut Buncit pada Remaja
Stres penyebab perut buncit pada remaja/Foto: Freepik/diana.grytsku

Beauties, tahukah kamu kalau stres dapat menjadi penyebab perut buncit pada remaja. Saat stres tubuh kita akan mengeluarkan hormon kortisol sebagai pereda. Sayangnya, produksi hormon kortisol dalam tubuh secara berlebihan dapat menyebabkan penimbunan lemak visceral dan menyebabkan perut buncit pada remaja.

Jarang Berolahraga

Bikin Nggak Pede! Ternyata ini Penyebab Perut Buncit pada Remaja
Jarang berolahraga penyebab perut buncit/Foto: Freepik/lookstudio

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita di antaranya adalah mempercepat pembakaran lemak. Kebiasaan jarang berolahraga menyebabkan tubuh lebih sedikit membakar lemak dan menimbun lemak menjadi cadangan energi di bawah perut.

Untuk mengatasi penyebab perut buncit pada remaja, kita dapat mengubah kebiasaan jarang berolahraga dengan memulainya, seperti jalan cepat, jogging, senam ataupun renang. 

Agar nggak punya perut buncit, hindari penyebab di atas, Beauties. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id