sign up SIGN UP

5 Olahraga Efektif Mengecilkan Perut Buncit

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 07 Jun 2021 09:15 WIB
5 Olahraga Efektif Mengecilkan Perut Buncit
caption

Perut buncit menjadi salah satu permasalahan yang cukup banyak dijumpai pada saat ini. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, kondisi perut yang buncit erat kaitannya dengan risiko munculnya berbagai penyakit. Di lain sisi, perut buncit juga bisa menurunkan kepercayaan diri karena dianggap bukan bagian dari bentuk perut yang ideal.

Oleh sebab itu, berbagai usaha pun dilakukan untuk bisa mengecilkan perut buncit supaya kembali ideal sebagaimana seharusnya. Nah, ada beberapa olahraga efektif yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sit Up

Sit up memberi penekanan pada otot perut sehingga bisa membakar lemak/freepik.com
Sit up/freepik.com

Olahraga satu ini merupakan jenis latihan dasar yang fokus utamanya terdapat pada perut. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika setiap gerakannya bisa menjadi latihan yang tepat untuk mengecilkan perut buncit. Gerakan sit up sendiri memusatkan kontraksi di bagian perut. Semakin berat kerja otot perut, maka akan semakin baik untuk mengurangi lemak yang ada.

Tidak hanya itu, sit up juga bisa menyeimbangkan postur tubuh sehingga performa atletik menjadi meningkat. Sit up bisa dilakukan di mana saja dan tidak membutuhkan alat khusus sehingga kamu bisa melakukannya dengan mudah.

2. High Intensity Interval Training (HIIT)

[FORUM] Ternyata ngegym di tempat gym gitu mahal ya.. worth it emangnya?[FORUM] Ternyata ngegym di tempat gym gitu mahal ya.. worth it emangnya?/ Foto: instagram.com/tyasmirasih

Selanjutnya ada High Intensity Interval Training  atau yang disingkat dengan HIIT. Kemampuan jenis olahraga ini untuk mengecilkan perut buncit didukung oleh sebuah studi yang dipublikasikan US National Library of Medicine National Institute of Health. Studi tersebut menyebutkan bahwa HIIT ternyata lebih efektif untuk mengurangi lemak pada perut dibandingkan kardio tradisional.

Karena masuk dalam salah satu jenis latihan kardiovaskular, maka HIIT ini memang melibatkan olahraga dengan intensitas tinggi selama kurang lebih 10 sampai 30 menit. Adapun bentuk olahraga yang bisa dilakukan ialah bersepeda dan berlari.  

3. Yoga

Yoga membantu membakar kalori dalam tubuh/freepik.com
Yoga/freepik.com

Olahraga berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah yoga. Meskipun terkesan lebih santai, yoga ternyata efektif untuk membakar kalori sehingga permasalahan seperti perut buncit juga bisa diatasi.

Bahkan, menurut sebuah studi, orang yang melakukan latihan yoga selama 90 menit selama satu minggu mendapati ukuran lingkar pinggang menyusut hingga 3,8 centimeter.  Selain itu, yoga juga turut memberi sugesti baik untuk dapat mengontrol makanan yang dikonsumsi.

[Gambas:Instagram]

4. Plank

Latihan yang satu ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengecilkan perut buncit. Hal tersebut dikarenakan plank bisa membakar lemak perut menjadi otot serta membentuk postur ang lebih sehat. Cara melakukan plank juga terbilang cukup mudah karena tidak membutuhkan peralatan khusus.

Bisa diawali dengan posisi tengkurap layaknya saat akan melakukan push up. Setelah itu, angkat tubuh ke atas dengan tumpuan berada pada jari-jari kaki dan badan. Sebelumnya, jangan lupa untuk menyetel waktu sesuai target, misalnya selama 30 detik atau 1 menit.

5. Standing Oblique Crunch

Standing Oblique Crunch membantu membentuk otot-otot di sisi tubuh /freepik.com
Standing Oblique Crunch/freepik.com

Nah, satu lagi olahraga yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut adalah Standing Oblique Crunch. Olahraga ini akan membentuk otot-otot di sisi tubuh sehingga lebih kencang dan perut yang buncit akan mengecil. Latihan ini juga membuat pinggang lebih kuat dan kencang.

Cara melakukannya cukup mudah yakni berdiri menggunakan beban dengan berat 2 hingga 4 kilogram. Setelah itu,  seimbangkan lengan kiri dengan cara menyentuh bagian kepala lalu turunkan lengan kanan perlahan. Dengan catatan, tubuh harus tetap dipastikan dalam keadaan stabil.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id