sign up SIGN UP

LIFE

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Program Hamil

Rumaysha Milhania | Senin, 19 Apr 2021 09:30 WIB
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Program Hamil
caption

Ingin segera hamil dan mendapatkan momongan? Pastikan kamu tidak melakukan kesalahan ini selama melakukan program.

1. Melakukan Hubungan Intim Tidak Teratur

Satu-satunya cara untuk bisa hamil adalah dengan rutin melakukan hubungan intim dengan pasangan. Jika ini tidak diperhatikan, bagaimana mungkin peluang hamil bisa kamu dapatkan? Sangat penting juga untuk tahu masa-masa subur agar kamu bisa meningkatkan kemungkinan sel sperma membuahi sel telur.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu hanya perlu berhubungan di masa subur. Lakukan secara rutin setidaknya beberapa hari sebelum masa subur karena sel sperma dapat hidup di dalam rahim selama beberapa hari.

Satu-satunya cara untuk bisa hamil adalah dengan rutin melakukan hubungan intim dengan pasangan.
Program Hamil/ Sumber: Freepik.com

2. Tidak Pernah Memeriksakan Diri ke Dokter

Jangan meremehkan pentingnya peran dokter saat merencanakan kehamilan. Jika diperlukan, periksakan kondisi kesehatan organ reproduksi secara berkala sebelum menikah. Ini akan memberikan kamu gambaran tentang kesiapan kamu dalam merencanakan kehamilan. Ingat, ini bukan hanya tentang tubuh wanita, tetapi juga tubuh sang suami.

3. Memberatkan Masalah Kesuburan pada Istri

Pahami bahwa masalah kesuburan tidak hanya terjadi pada wanita, tetapi juga pada pria. Sangat penting bagi para suami untuk bisa memastikan bahwa organ reproduksinya benar-benar sehat dan mampu menghasilkan sperma yang juga baik. Pasalnya, banyak kasus masalah pada sperma yang disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk pria seperti misalnya merokok.

Pahami bahwa masalah kesuburan tidak hanya terjadi pada wanita, tetapi juga pada pria. Sangat penting bagi para suami untuk bisa memastikan bahwa organ reproduksinya benar-benar sehat dan mampu menghasilkan sperma yang juga baik.
Kesuburan Wanita/ Sumber: Freepik.com

4. Menggunakan Pelumas

Apa kamu dan pasangan masih sering menggunakan pelumas saat berhubungan? Jika iya, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan ini selama menjalani program hamil. Ini sangat penting karena besar cairan pelumas ternyata berbahaya bagi sperma dan dapat mengurangi peluang untuk bisa hamil. Tentu ini sangat berbeda dengan cairan pelumas yang dapat berfungsi untuk membuka jalan sperma mencapai sel telur.

5. Menjalani Gaya Hidup Tidak Sehat

Sangat untuk diperhatikan bahwa kondisi kesehatanmu secara umum memiliki peran besar dalam meningkatkan peluang kehamilan. Itu sebabnya, hentikan kebiasaan merokok, minum alkohol, dan tidur larut malam.

Prioritaskan asupan makanan sehat dan biasakan berolahraga secara rutin untuk bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Pastikan juga kamu selalu dalam keadaan yang santai dan rileks karena stres dan depresi dapat mengurangi peluang kesuburan.

Sangat untuk diperhatikan bahwa kondisi kesehatanmu secara umum memiliki peran besar dalam meningkatkan peluang kehamilan.
Meningkatkan peluang kehamilan/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang kamu harus hindari selama menjalani program hamil. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id