sign up SIGN UP

LIFE

Wajib Tahu, Ini Perawatan yang Harus Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Rumaysha Milhania | Selasa, 13 Apr 2021 21:00 WIB
Wajib Tahu, Ini Perawatan yang Harus Dilakukan Setelah Operasi Caesar
caption

Melahirkan adalah masa-masa yang menyenangkan karena kehadiran buah hati yang sudah lama kamu nantikan. Namun memiliki bayi juga bisa membebani tubuhmu, terutama jika kamu menjalani persalinan dengan prosedur operasi caesar. Kamu juga akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih daripada mereka yang melahirkan secara vaginal. Nah, berikut ini adalah empat hal yang harus kamu perhatikan untuk mempercepat pemulihan setelah menjalani operasi caesar. 

Melahirkan adalah masa-masa yang menyenangkan karena kehadiran buah hati yang sudah lama kamu nantikan.
Perawatan setelah melahirkan/ Sumber: Freepik.com

1. Istirahat yang cukup

Operasi caesar adalah operasi besar. Sama seperti operasi lainnya, tubuhmu akan membutuhkan waktu untuk pulih setelahnya. Kamu mungkin harusuntuk tinggal di rumah sakit selama tiga sampai empat hari setelah kamu melahirkan dan ini bisa menjadi lebih lama jika ada komplikasi. Setelah kamu tiba di rumah, kamu juga masih perlu memberikan tubuhmu waktu hingga enam minggu untuk pulih sepenuhnya.

Cobalah untuk beristirahat saat bayimu tidur. Serahkan pekerjaan lain pada orang lain yang sekiranya bisa membantu. Meminta bantuan teman dan kerabat untuk mengganti popok dan pekerjaan rumah agar kamu bisa berbaring akan sangat membantu mempercepat pemulihan. 

2. Berikan perawatan dan perhatian pada tubuh

Berhati-hatilah saat kamu merasa bahwa kamu sembuh. Hindari naik turun tangga terlalu sering dan pastikan semua barang-barang yang kamu butuhkan ada di tempat yang berdekatan denganmu. Jangan mengangkat apapun yang lebih berat dari bayimu.

Mintalah bantuan dari pasangan, teman atau anggota keluarga lainnya untuk membantumu mengambil sesuatu yang berat. Kapan pun kamu harus bersin atau batuk, pegang perutmu untuk melindungi bekas operasi untuk menjaganya tetap baik.

Tanyakan kepada dokter rekomendasi obat nyeri apa yang dapat kamu minum, terutama jika kamu sedang menyusu
Setelah melahirkan/ Sumber: Freepik.com

Ingatlah bahwa akan diperlukan waktu hingga delapan minggu bagi kamu untuk kembali ke rutinitas normal. Tanyakan kepada dokter kapan kamu bisa kembali berolahraga, kembali bekerja, dan mengemudi. Juga tunggu untuk berhubungan seks atau gunakan tampon sampai doktermu memberimu lampu hijau.

3. Konsultasikan untuk mengurangi rasa sakit

Tanyakan kepada dokter rekomendasi obat nyeri apa yang dapat kamu minum, terutama jika kamu sedang menyusui. Sebenarnya, ini akan bergantung pada tingkat ketidaknyamanan atau nyeri yang kamu rasakan. Dokter mungkin meresepkan pereda nyeri atau menyarankan kamu untuk minum obat nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen (Advil, Motrin) atau acetaminophen (Tylenol).

4. Fokus pada nutrisi yang baik

Nutrisi yang baik sangatlah penting pada bulan-bulan setelah kamu melahirkan sama seperti saat hamil. Saat kamu menyusui, kamu masih menjadi sumber nutrisi utama bayimu. Itulah sebabnya, makan berbagai makanan akan membuat bayimu tetap sehat dan membantumu menjadi lebih kuat.

Penelitian menunjukkan bahwa makan sayuran saat menyusui memberi rasa pada ASI yang meningkatkan kenikmatan dan konsumsi anak terhadap asupan tersebut saat mereka tumbuh. Selain itu, jangan lupa untuk memperbanyak asupan air karena kamu membutuhkan cairan ekstra untuk memastikan suplai ASI terpenuhi dengan baik dan terhindar dari sembelit.

Nutrisi yang baik sangatlah penting pada bulan-bulan setelah kamu melahirkan sama seperti saat hamil.
Asupan untuk ibu menyusui/ Sumber: Freepik.com

Itulah beberapa hal yang kamu harus pahami untuk memulihkan diri pasca menjalani operasi caesar. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantumu menjalani masa-masa pemulihan lebih baik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id