sign up SIGN UP

5 Pengobatan Ayurveda yang Efektif untuk Atasi Anosmia

Risma Oktaviani | Kamis, 15 Jul 2021 09:30 WIB
5 Pengobatan Ayurveda yang Efektif untuk Atasi Anosmia
caption

Hilangnya indra penciuman di masa pandemi ini menjadi sebuah kekhawatiran besar bagi sebagian besar orang. Gak heran, berdasarkan data penelitian Pusat Statistik Nasional Inggris, tidak bisa mencium aroma atau anosmia adalah sebuah gejala paling umum saat kamu terinfeksi virus covid, hilangnya indra penciuman sebagian atau seluruhnya ini kemungkinan bersifat sementara atau permanen. Dalam kebanyakan kasus, anosmia terjadi ketika seseorang menderita batuk, pilek, sinus, rinitis, stres atau cedera di lobus temporal. Nah, anosmia ternyata dapat diobati dengan obat-obatan Ayurveda loh, beauties! 

Pengobatan Ayurveda adalah salah satu sistem penyembuhan holistik tertua di dunia yang dikembangkan lebih dari 3.000 tahun yang lalu di India. Pengobatan ini didasarkan pada keyakinan bahwa kesehatan dan kesejahteraan bergantung pada keseimbangan yang halus antara pikiran, tubuh, dan jiwa. Berikut adalah 5 pengobatan Ayurveda yang menjadi salah satu cara mengembalikan penciuman yang bisa kamu dapatkan dan lakukan dengan mudah.

Bawang Putih

bawang putih efektif atasi anosmia
Bawang putih / freepik.com/jcomp

Sifat anti-inflamasi yang kuat dari asam risinoleat aktif dalam bawang putih mengurangi pembengkakan dan peradangan di dalam saluran hidung. Sifat anti-bakteri membersihkan endapan dahak dan juga memudahkan pernapasan dengan memperlebar saluran hidung. Tumbuk 4-5 siung bawang putih dan tambahkan ke dalam secangkir air mendidih. Rebus selama dua menit, tambahkan sedikit garam. Minum ramuan tersebut saat masih panas, dua kali sehari.

Lemon

lemon efektif atasi anosmia
Lemon / freepik.com/kamranaydinov

Kandungan vitamin C yang kaya, anti-oksidan dan sifat anti-mikroba yang kuat dalam lemon mampu mengobati infeksi yang menyebabkan endapan lendir yang berlebihan di saluran hidung diikuti dengan hidung tersumbat dan berair. Peras satu buah lemon ke dalam segelas air hangat dan tambahkan satu sendok teh madu dan minum dua kali sehari untuk meredakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

Minyak Jarak

minyak jarak efektif atasi anosmia
Minyak jarak / freepik.com/stylecraze

Mempunyai sifat anti-oksidan, anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit yang kuat, minyak jarak sangat efektif dalam mengurangi gejala pembengkakan dan peradangan yang terjadi karena batuk dan pilek dan membantu membangun kembali indera penciuman. Kamu dapat meneteskan setetes minyak ini ke dalam hidung pagi dan sebelum tidur untuk khasiat yang lebih cepat.

Daun Mint

daun mint efektif atasi anosmia
Daun mint / freepik.com/jcomp

Sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang terkandung dalam daun mint memainkan peran penting dalam mengurangi gejala batuk dan flu yang menyebabkan sumbatan pada hidung, tenggorokan dan rongga dada.  Rebus 10-15 lembar daun mint dalam secangkir air. Saring dan minum campuran setelah dicampur dengan satu sendok madu untuk mengobati hidung tersumbat dan mengembalikan indra penciuman.

Jahe

Jahe efektif atasi anosmia
Jahe efektif atasi anosmia / freepik.com/freepik

Aroma khas dan rasa jahe membantu merangsang selera dan meningkatkan indera penciuman. Selain itu, sebagai ekspektoran alami, ia juga menunjukkan sifat anti-mikroba dan penghilang rasa sakit yang ampuh yang membantu mengobati infeksi di saluran hidung dan membersihkan partikel rheum dari hidung. Kamu bisa menyeduhnya seperti teh atau langsung mengunyahnya sedikit demi sedikit untuk meningkatkan indra penciuman kamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id