sign up SIGN UP

LIFE

Sulit Tidur di Malam Hari? Lakukan Hal-Hal Ini!

Verticallya S.E Pratiwi | Kamis, 30 Jul 2020 02:00 WIB
Sulit Tidur di Malam Hari? Lakukan Hal-Hal Ini!
caption
Jakarta -

Tidur merupakan sebuah kebutuhan penting bagi tubuh. Tanpa tidur, manusia tidak akan bisa menjalani hidupnya dengan normal. Untuk itu sangat penting menjaga kualitas tidur kita ladies!

Namun, sekarang ini sudah banyak orang mengalami insomnia, dan kesulitan tidur lainnya. Banyak pula yang memiliki waktu tidur tidak biasa karena keseringan begadang. Jadinya, mau tidak mau tidur di pagi hari sampai siang. Padahal hal ini tidak baik untuk tubuh. Karena ada hormon yang hanya keluar saat kita tidur di malam hari loh! Nama hormon tersebut adalah Melatonin.

Hormon melatonin bertugas dalam membangun sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Selain itu juga menghalangi tumbuhnya sel yang merugikan bagi tubuh kita. Termasuk sel tumor dan kanker. Penting banget kan? Makanya, tidur di malam hari itu penting!


Tapi bagaimana dong yang sudah terlanjur sulit tidur di malam hari? Gak usah khawatir! Beautynesia punya tips untuk kamu agar dapat tidur di malam hari. Kalau sukses lakukan ini, jamin deh kamu bisa tidur nyenyak di malam hari. Ayo disimak!

 1. Jangan Beraktivitas di Atas Tempat Tidur

Makan di atas tempat tidur
Makan di Tempat Tidur

Selama seharian penuh, jangan pernah menyentuh tempat tidur! Walaupun cuma rebahan tetap tidak boleh. Ini demi membangun kembali kebiasaan tubuh agar tidak terbiasa melakukan aktivitas di atas tempat tidur. Karena jika tubuh merekam kita beraktivitas di tempat tidur selain untuk tidur, maka tubuh akan sulit tidur saat waktunya tidur tiba.

 

2. Jangan Rebahan Kecuali Saat Hendak Tidur di Malam Hari

Rebahan di atas tempat tidur
Rebahan

Ini penting. Jangan kamu tiduran atau rebahan selain saat kamu tidur dan tidurnya pun harus di atas tempat tidur. Tidak boleh di kursi dan yang lainnya. Kamu hanya akan membaringkan tubuhmu di atas tempat tidur saat waktunya tidur tiba!

 

3. Jauhkan Barang Elektronik dari Jangkauan Tubuh

Main HP di atas tempat tidur
Hp

Saat hendak tidur, simpan ponsel, laptop, tv dan lain sebagainya sejauh mungkin. Jangan di dekat tubuhmu. Terlihat oleh sudut mata pun jangan. Harus sejauh mungkin. Saat waktunya tidur kamu harus tidur, jadi jangan bermain ponsel atau laptop di atas tempat tidur sebelum tidur ya!

 

4. Berolahraga Setiap Sore Hari

Kegiatan Olahraga
Olahraga di sore hari

Olahraga lah setiap hari di waktu sore. Olahraga selama 1 jam sudah cukup agar membuat tubuhmu berkeringat dan lebih bugar setiap sorenya. Setelah olahraga, langsung mandi agar segar. Tapi jangan langsung berbaring ya! Kamu hanya akan berbaring saat waktunya tidur tiba! Itu pun hanya di atas tempat tidur.

 

5. Jangan Melakukan Apapun Saat Tidur

Main ponsel di atas tempat tidur
Main Ponsel

Saat kamu berusaha untuk tidur, berbaringlah dengan nyaman. Jangan lakukan apapun. Tidak perlu sambil bermain ponsel. Hal itu akan membuatmu semakin tidak bisa tidur. Berbaringlah, pejamkan mata. Meski harus menunggu selama satu jam, bahkan tiga jam. Kamu harus berusaha tetap berbaring dan menutup mata. Kosongkan pikiran dan coba untuk tidur dengan tenang. Awalnya mungkin sulit, tapi jika kebiasaan ini dibarengi kebiasaan di atas, lama kelamaan tubuh kamu akan mulai terbiasa dan lebih cepat tidur.

Tips di atas harus dilakukan sebaik dan sedisiplin mungkin untuk merubah pola tidurmu yang tidak sehat. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id