sign up SIGN UP

LIFE

5 Rahasia Kehamilan yang Sehat dan Fit, Kamu Perlu Tahu Moms!

Rumaysha Milhania | Minggu, 22 Nov 2020 13:30 WIB
5 Rahasia Kehamilan yang Sehat dan Fit, Kamu Perlu Tahu Moms!
caption
Jakarta -

Semua wanita pasti ingin bisa aktif dan makan sehat selama kehamilan. Namun, ini tidak selalu berjalan mulus.

Kenyataan tentang trimester pertama dengan beragam gejala seperti mual di pagi hari, bersama dengan penyakit indah yang datang kemudian - seperti sakit punggung - membuat para calon ibu sulit berolahraga dan menjalani hidup yang sehat dan fit.

Namun, itu bukan berarti kamu tidak bisa mengupayakannya! Melansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa rahasia untuk kehamilan yang fit dan sehat.

Semua wanita pasti ingin bisa aktif dan makan sehat selama kehamilan. Namun, ini tidak selalu berjalan mulus.
Kehamilan/ Sumber: Freepik.com

1. Kondisikan Asupan Makan

Ya, mengidam kehamilan itu nyata. Tidak masalah jika kamu menginginkan asupan makanan tertentu untuk menambah nafsu makan. Namun, upayakan untuk mengimbanginya dengan asupan makanan sehat dan bergizi.

Kamu bisa berusaha menyiapkan makanan berprotein tinggi, termasuk resep dengan daging merah, ayam, ikan, dan kacang-kacangan. Ingat, kamu harus mengonsumsi banyak mineral dan vitamin seperti kalsium, zat besi, dan folat.

2. Tenangkan Pikiran dan Tidur Lebih Nyenyak

Dari mengkhawatirkan sesuatu yang tidak penting hingga bertanya-tanya apakah kamu akan menjadi orang tua yang baik, kehamilan bisa menjadi periode rollercoaster emosional.

Selama trimester ketiga, kebanyakan wanita berbaring di tempat tidur pada malam hari sambil berdoa agar bayi dalam kandungan menendang sehingga saya tahu mereka baik-baik saja. Upayakan untuk mengontrol emosi dan perasaanmu untuk mencegah stres dan pikiran yang berlebihan.

Meskipun seorang wanita sudah berolahraga secara teratur sebelum hamil, ia bisa saja kesulitan menemukan energi dan motivasi selama masa kehamilan.
Menjaga Kehamilan/ Sumber: Freepik.com

3. Paksa Diri untuk Bergerak Setiap Hari

Meskipun seorang wanita sudah berolahraga secara teratur sebelum hamil, ia bisa saja kesulitan menemukan energi dan motivasi selama masa kehamilan. Dibutuhkan komitmen dan dorongan yang kuat untuk bisa melakukannya.

Jadi, luangkan dan paksa dirimu untuk bisa bergerak, setidaknya jalan-jalan saat makan siang, berenang pagi, atau peregangan di matras yoga.

4. Batasi Asupan Gula

Berdasarkan penelitian terbaru ditemukan bahwa konsumsi gula yang meningkat berdampak negatif pada daya ingat dan kecerdasan anak. Kamu tidak perlu menghentikan total semua asupan gula harianmu.

Tapi, kendalikan dan buat asupan gulamu lebih teratur dan terencana. Mengurangi asupan gula juga akan membuatmu terhindar dari rasa mengantuk dan lelah yang terus menerus.

5. Perbanyak Asupan Air

Hidrasi sangat penting, terutama saat seseorang hamil. Air memainkan peran penting dalam perkembangan si kecil dan juga membantu membentuk plasenta dan kantung ketuban.

Di lain sisi, dehidrasi dapat menyebabkan masalah dan harus dihindari selama masa kehamilan. Jika kamu bosan dengan rasa air biasa, tambahkan beberapa potongan buah untuk memberikan rasa seperti mentimun, stroberi, lemon, atau jeruk nipis.

Pahami bahwa terhidrasi membuat tingkat energi menjadi tetap tinggi dan membantu meringankan gejala kehamilan yang mengganggu seperti sembelit.

Hidrasi sangat penting, terutama saat seseorang hamil. Air memainkan peran penting dalam perkembangan si kecil dan juga membantu membentuk plasenta dan kantung ketuban.
Dehidrasi Saat Hamil/ Sumber: Freepik.com

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kehamilan tetap fit dan berenergi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id