sign up SIGN UP

SKINCARE

Jenis-jenis Vitamin dalam Skincare dan Manfaatnya untuk Kulit

Sylvia Yuliasar | Rabu, 18 Nov 2020 09:00 WIB
Jenis-jenis Vitamin dalam Skincare dan Manfaatnya untuk Kulit
caption

Ladies, tahukah kamu? Bukan hanya tubuh kita yang membutuhkan vitamin dalam makanan? Kulit kita juga memerlukannya lho. Vitamin-vitamin yang bermanfaat untuk kulit tersebut biasanya sudah dikemas sedemikian rupa, sebagai salah satu bahan utama produk skincare. Kira-kira vitamin apa saja ya, yang bermanfaat untuk kulit kita?

VITAMIN D

Vitamin D pada skincare biasanya cocok untuk pemilik kulit berjerawat
Vitamin D untuk kulit berjerawat / pexels.com (Cottonbro)

Vitamin D biasanya kita dapatkan dari sinar matahari pagi. Kandungannya ini bermanfaat banget untuk mengatasi psoriasis (semacam gangguan kulit gatal dan bersisik) dan melindungi kulit kita dari dampak radikal bebas. Calcitrol adalah vitamin D dalam bentuk krim yang biasa kamu gunakan dalam skincare, terutama untuk kulit sensitif dan mudah berjerawat.

VITAMIN C

Vitamin C sebaikya diaplikasikan secara langsung untuk mengurangi keriput
Vitamin C untuk mengurangi keriput / pexels.com (Shiny D)

Vitamin C adalah salah satu vitamin penting yang cocok untuk nyaris semua jenis kulit. Mulai dari remaja sampai pada produk anti-aging biasanya memanfaatkan kelebihan dari vitamin ini.

Menurut Kate Kerr, seorang ahli facial klinis yang dilansir dalam Elle UK, vitamin C adalah antioksidan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat lingkungan dan sinar matahari. Meski kita bisa mendapatkan manfaat tersebut dari buah dan sayuran, mengaplikasikan vitamin C secara langsung pada kulit dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen, elastisitas kulit, dan mengurangi keriput.

VITAMIN E

Vitamin E biasanye berbentuk kapsul
Vitamin E dapat meminimalisir kerusakan akibat sinar matahari / pexels.com (Chokniti K)

Vitamin E pada skincare memiliki manfaat meminimalisir kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi noda hitam dan keriput.  Oleh karena manfaat inilah, vitamin E banyak digunakan pada produk skincare anti-aging lho, Ladies. Ahli kecantikan Eden Skin London, Lorraine Scrivener berpendapat bahwa vitamin ini mampu menjadikan kulit lebih kenyal dan lembut, serta terhidrasi dengan baik.

VITAMIN A

Vitamin A yang berbentk retinol memiliki banyak manfaat
Vitamin A yang banyak beredar biasanya berbentuk Retinol / pexels.com (Shiny D)

Vitamin A yang banyak digunakan dalam skincare adalah dari golongan retinol, ialah sejenis agen pencegah penuaan dini karena kinerjanya yang mempercepat pembaharuan kulit. Selain itu, retinol juga mampu menebalkan lapisan kulit hingga lapisannya terlihat lebih kenyal, cerah, dan tampak lebih muda.

Selain itu retinol juga mampu mengatasi hiperpigmentasi, jerawat, pori-pori membandel, dan keriput. Namun sayang, retinol ini tidak dianjurkan bagi kamu yang sedang hamil atau menyusui ya, Ladies. Karena senyawa kandungannya ini terbukti mampu membahayakan janin. Tapi tenang, kamu bisa menggantikan perannya sementara dengan rutin mengaplikasikan skincare vitamin C ditambah rajin memakai sunscreen.

VITAMIN B3 

Vitamin B3 memiliki banyak manfaat untuk kulit
Vitamin B3 bisa mengatasi komedo / pexels.com (Shiny D)

Vitamin lain yang tidak kalah penting adalah vitamin B3. Buat kamu yang mengalami masalah kulit seperti dehidrasi, sensitif, kusam, dan banyak garis halus, vitamin B3 ini bisa jadi solusi. Selain itu jenis vitamin ini juga cocok untuk kulit yang mudah berkomedo karena mampu mengontrol produksi minyak berlebih. Dalam dunia skincare, vitamin ini biasa dikenal dengan nama niacinamide. Niacinamide mampu memperbaiki tekstur kulit dan hiperpigmentasi.

Nah, itu dia beberapa jenis vitamin yang biasa digunakan sebagai bahan aktif dalam skincare. Yuk pilih berdasarkan kebutuhan kulitmu. Kalau kamu masih ragu, kamu bisa mengkonsultasikannya ke dokter kulitmu ya, apalagi selama perawatan kamu ada kemungkinan melakukan program hamil.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id