sign up SIGN UP

LIFE

5 Tanda Usus Kotor, Salah Satunya Wajah Kusam dan Berjerawat!

Lifia Mawaddah Putri | Kamis, 29 Apr 2021 08:30 WIB
5 Tanda Usus Kotor, Salah Satunya Wajah Kusam dan Berjerawat!
caption

Saat kamu mengonsumsi makanan apapun, sistem pencernaan akan mengolah segala asupan tersebut. Dalam proses pencernaan, usus akan mengolah makanan menjadi sumber energy, simpanan lemak, dan zat sisa yang dibuang dalam bentuk kotoran dan urin.

Tapi jika kamu mengonsumsi makanan yang enggak sehat, hal ini bisa membuat usus jadi kotor. Sayangnya, enggak banyak yang menyadari tanda-tanda usus kotor. Nah, berikut ini Beautynesia.id sudah merangkum 5 tanda-tandanya. Yuk simak berikut ini!

Sulit BAB

Tanda usus kotor yang pertama adalah sulit buang air besar atau BAB. Kondisi ini terjadi karena usus dipenuhi sisa-sisa makanan yang tersimpan lama.
Sembelit/freepik.com

Tanda usus kotor yang pertama adalah sulit buang air besar atau BAB. Kondisi ini terjadi karena usus dipenuhi sisa-sisa makanan yang tersimpan lama. Selain itu, usus juga tidak memproduksi lender dengan cukup. Sehingga kamu akan mengalami kesulitan BAB selama beberapa hari. Dalam kondisi terburuk, sulit BAB dapat menimbulkan wasir dan ambeien lho!

Berat Badan Meningkat

Akibat siklus BAB yang enggak lancar, hal ini juga akan berpengaruh terhadap berat badan. Jadi, jangan heran kalau tiba-tiba berat badanmu melonjak drastis. Hal ini disebabkan sisa-sisa makanan yang menempel pada usus bisa saja tertinggal dalam bentuk lemak. Jika ususmu kotor, perut akan berubah menjadi buncit dan terasa keras.

Nyeri dan Pegal

Tubuh nyeri dan pegal-pegal juga bisa menjadi tanda bahwa ususmu kotor.
Pegal/freepik.com

Tubuh nyeri dan pegal-pegal juga bisa menjadi tanda bahwa ususmu kotor. Sebab, jamur yang menginfeksi usus akan membuat tubuh mudah pegal di bagian tulang belakang, punggung, betis, paha, tumit, dan lainnya. Asam laktat di dalam tubuh yang sulit dihilangkan dan diganti dengan energi baru juga akan membuat rasa pegal semakin terasa. Apalagi saat kamu bangun tidur di pagi hari.

Mudah Lelah

Nyeri dan pegal tentu juga akan menyebabkan kamu merasa cepat lelah. Hal ini diperparah dengan adanya racun di usus yang kotor. Racun tersebut bisa masuk ke dalam darah melalui saluran limfa, yang mengakibatkan imunitasmu menurun. Akhirnya kamu bukan hanya akan merasa lelah dan pegal saja. Tapi, kondisi ini juga akan membuatmu mudah terserang penyakit.

Berjerawat

Timbulnya jerawat bukan hanya terjadi karena kesalahan skincare saja lho! Tapi ini juga tanda bahwa ususmu kotor.
Jerawat/freepik.com

Timbulnya jerawat bukan hanya terjadi karena kesalahan skincare saja lho! Tapi ini juga tanda bahwa ususmu kotor. Jika ususmu kotor, hal ini akan membuat kulit menjadi tidak sehat, kusam, berjerawat, dan bahkan bekas jerawat tersebut akan susah hilang. Peradangan kulit ini terjadi karena ketidakstabilan hormone yang kemudian berimbas pada melambatnya proses pembaruan sel kulit yang baru.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id