sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Puasa Agar Semakin Produktif, Anti Lemas dan Gak Bikin Ngantuk

Dian Aprilia | Sabtu, 01 May 2021 08:30 WIB
5 Tips Puasa Agar Semakin Produktif, Anti Lemas dan Gak Bikin Ngantuk
caption

Puasa memang menjadi tantangan tersendiri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Apalagi bagi mereka yang memiliki intensitas aktivitas fisik yang cukup tinggi. Namun, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas-malasan atau tidur seharian ya. Meskipun tidur bisa bernilai pahala di bulan ramadan, alangkah baiknya kita tetap bisa produktif di momen istimewa ini.

Puasa tetap bisa membuatmu produktif seperti hari-hari biasanya, asalkan kamu pandai mengatur pola hidup dan juga pola makan dengan benar. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips puasa agar semakin produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari:

Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis
Makanan dan minuman manis/pexels.com

Bulan Ramadan memang identik dengan beragam makanan dan minuman manis. utamanya saat sedang berbuka. Makanan dan minuman manis yang populer dikonsumsi masyarakat Indonesia saat puasa diantaranya adalah kolak pisang, es campur, es blewah, beragam kue dan jajanan lainnya.

Mengonsumsi makanan tersebut boleh-boleh saja, asalkan dalam porsi yang wajar. Sebab jika berlebihan bisa bikin lemas dan mudah mengantuk. Alhasil kamu jadi kurang produktif di malam hari, yang biasanya bisa mengajak anak bermain jadi tidur sampai sahur.

Makan Secukupnya saat Buka Puasa

Makan secukupnya
Makan secukupnya/pexels.com

Momen buka puasa seringkali jadi ajang balas dendam setelah seharian tidak makan dan minum. Akibatnya, banyak yang mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan. Mulai dari makanan berat, beragam makanan dan juga minuman manis.

Sama halnya dengan terlalu banyak makanan minuman manis, makan berlebih juga bikin kamu kurang produktif. Hal ini dikarenakan asupan karbohidrat atau gula yang terlalu tinggi membuat kenaikan gula darah dan penurunan kadar insulin. Akibatnya tubuh jadi merasa lemas dan mengantuk. Untuk itu, perhatikan porsi makan dan jangan sampai berlebihan.

Lakukan Olahraga Ringan

jalan santai
Jalan santai/pexels.com

Meskipun sedang puasa, kamu tetap diwajibkan untuk melakukan olahraga ringan. Hal ini untuk memastikan kalori yang masuk ke tubuh dibakar dengan baik dan tubuh tetap bugar dan sehat selama puasa Ramadan.

Tak perlu olahraga yang berat seperti jogging jarak jauh, angkat beban, kardio dan lainnya. Kamu cukup melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, peregangan, yoga, senam ringan 15 menit dan lainnya. Pastikan untuk melakukan olahraga ringan minimal 2 kali dalam seminggu. Kebiasaan ini akan bikin badanmu lebih segar dan bugar sehingga bisa tetap produktif selama puasa.

Perbanyak Konsumsi Protein

Protein
Protein/pexels.com

Konsumsi protein memiliki peran penting saat puasa Ramadan. Sebab protein adalah zat utama yang menjalankan sebagian besar metabolisme dalam sel tubuh. Sehingga sangat penting dalam keberlangsungan hidup setiap orang. Selain itu, protein juga termasuk pemasok energi yang utama, bahkan lebih baik dari karbohidrat.

Jadi konsumsi protein yang cukup, bisa membuatmu merasa berenergi seharian dan juga kenyang lebih lama. Namun selain protein, pastikan juga kamu memenuhi kebutuhan gizi lainnya seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan lainnya.

Jangan Manjakan Tubuh

Jangan manjakan tubuh
Jangan manjakan tubuh/pexels.com

Kamu memiliki kuasa penuh atas tubuhmu, jadi kamu bisa mengontrol dan mengendalikan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Bangun mindset yang benar saat puasa, untuk tidak malas-malasan. Ciptakan suasana yang bersemangat selama menjalani hari-hari di bulan puasa.

Entah dari suasana tempat kerja yang hidup, meja dan kursi yang rapi, fisik yang prima dan lainnya. Buat target yang realistis dan isi waktu luang dengan kegiatan menarik. Dengan begitu, pasti waktumu akan lebih produktif dan tidak malas-malasan.

Itulah 5 tips puasa agar semakin produktif, anti lemas dan mengantuk. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id