sign up SIGN UP

LIFE

Dampak Buruk Kurang Tidur Saat Puasa

Hani Arifah | Selasa, 27 Apr 2021 22:30 WIB
Dampak Buruk Kurang Tidur Saat Puasa
caption
Jakarta -

Saat puasa, tubuh kita sering mengalami kekurangan cairan akibat tidak adanya asupan makanan dan minuman selama beberapa jam. Tak jarang tubuh kita juga mengalami kekeringan dan dehidrasi. Maka tak heran jika kita sering merasa lemas.

Foto:pinterest/fullscript
Begadang saat puasa

Bukan hanya itu, pola tidur saat puasa juga rentan berantakan dan bergeser dari jam tidur kita di hari-hari biasa. Saat malam hari banyak aktivitas malam seperti shalat tarawih, berkumpul dengan keluarga dan lain-lain yang membuat jam tidur kita lebih malam. Lalu pagi harinya, kita harus bangun lebih awal dari biasanya untuk melaksanakan sahur. Alhasil, waktu tidur kita menjadi berkurang. Padahal, tidur yang cukup merupakan kunci dari kesehatan dan kebugaran tubuh.

Ada beberapa dampak buruk yang akan terjadi ketika kita kurang tidur saat puasa. Simak 4 hal berikut ini:

Mengantuk Sepanjang Hari

Foto:pinterst/estieka
Mengantuk di siang hari

Waktu tidur yang bergeser membuat kita kesulitan tidur. Kurangnya waktu tidur di malam hari membuat kita mengantuk sepanjang hari. Hal ini tentu saja bisa merusak mood dan membuat kita mudah lupa hingga mengacaukan hari kita. Terlebih kita dalam keadaan lapar dan haus.

Lemas Hingga Sakit Kepala

Foto:pinterest/liputan6
Ilustrasi sakit kepala sebelah

Dikutip dari Halodoc, kurang tidur juga bisa mengakibatkan sakit kepala sebelah atau migrain. Setelah bekerja seharian, tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup agar organ-organ di dalamnya dapat bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini membuat puasa menjadi terganggu dan tidak nyaman.

Melemahnya Imun dalam Tubuh

Tidur yang kurang membuat sistem imun kita melemah. Seperti yang kita tahu, system imun sangat penting bagi tubuh. Sistem imun berfungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai virus, bakteri, jamur, dan parasit. Jika kekebalan tubuh melemah, maka tubuh kita rentan terkena penyakit yang diakibatkan oleh virus.

Susah Mengontrol Nafsu Makan Saat Buka

Foto:pinterest/abbylangernutritions
Ilustrasi kenaikan berat badan saat puasa

Waktu tidur yang kurang membuat hormon ghrelin meningkat. Hormon ghrelin merupakan hormon yang bertugas untuk mengirimkan sinyal ke otak untuk meningkatkan nafsu makan. Hal ini membuat kita kesulitan mengontrol nafsu makan. Akibatnya, saat buka puasa kita menjadi rakus. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh lemas hingga obesitas.

Itu tadi beberapa dampak buruk yang disebabkan kurang tidur saat puasa. Pastikan waktu tidurmu cukup agar badan tetap bugar saat puasa.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id