sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sudah Punya Pasangan Tapi Kesepian, Apa yang Salah?

Ayuliy Lestari | Rabu, 02 Jun 2021 22:30 WIB
Sudah Punya Pasangan Tapi Kesepian, Apa yang Salah?
Foto: merasa kesepian/freepik.com

Mungkin kamu menganggap jika memiliki pasangan maka hidup terasa lebih berwarna, selalu ada yang menemani dan bahagia. Tak heran jika banyak orang, mencoba mencari pasangan untuk mengisi kekosongan di dalam hidupnya.

Tapi faktanya, anggapan tersebut tidak selalu benar, Ladies. Bahkan sebagian besar orang yang sudah berpasangan, lebih mudah kesepian. Kok bisa?

Jika kamu sedang mengalaminya, memiliki pasangan bahkan terlihat ideal dimata orang lain, namun tetap merasa kesepian, kemungkinan besar, kamu memiliki masalah berikut.

1. Kurang Menjaga Komunikasi

merasa kesepian
merasa kesepian/freepik.com

Ketika baru saja menjalin hubungan maka semuanya terasa indah, kamu dan pasangan akan saling berkomunikasi secara intens, saling bercerita hingga memuji satu sama lain. Namun seiring berjalannya waktu, seringkali kamu mengabaikan aspek penting ini.

Jarang atau nyaris tidak pernah mengobrol ternyata merupakan salah satu masalah yang membuat hubungan menjadi hambar. Sebaiknya kamu dan pasangan tetap menyempatkan waktu untuk mengungkapkan perasaan satu sama lain.

Melalui komunikasi, keterikatan emosional serta keintiman antara kamu dan pasangan akan selalu terjaga, Ladies.

2. Jarang Quality Time

merasa kesepian
merasa kesepian/freepik.com

Banyak pasangan sama-sama sibuk bekerja hingga lupa menyempatkan waktu berdua atau bersenang-senang dengan pasangan. Bahkan terkadang kamu dan pasangan malas mengobrol karena lelah setelah seharian bekerja.

Ketika kamu dan pasangan sibuk dengan aktivitas masing-masing, sebenarnya itu yang membuat kesepian hadir. Kamu perlu melakukan quality time bersama pasangan, seperti nonton film, berlibur, atau makan malam romantis. Luangkan waktu pula untuk mengobrol intim berdua.

3. Enggan Membuka Diri

merasa kesepian
merasa kesepian/freepik.com

Penyebab berikutnya mengapa kamu merasa kesepian padahal sudah memiliki pasangan adalah ketika kamu enggan membuka diri. Kamu enggan membicarakan suatu topik karena berpikir pasangan sedang sibuk, merasa topik tersebut tidak begitu penting dan lain-lain.

Padahal, seharusnya kamu dan pasangan bisa membicarakan apapun, pasangan adalah tempat untuk berbagi. Sangat aneh jika kamu merasa tidak nyaman mengungkapkan isi pikiran kepada pasangan karena pasangan seharusnya adalah orang yang paling bisa kamu percaya.

4. Lupa Memperhatikan Diri Sendiri

merasa kesepian
merasa kesepian/freepik.com

Kamu perlu tahu bahwa kesepian sebenarnya bisa timbul dari diri sendiri. Seseorang yang lupa memperhatikan dan memenuhi kebutuhan dirinya sendiri akan mudah merasa kesepian, Ladies.

Menurut Niloo Dardashti, seorang psikolog dari New York, mengatasi rasa kesepian bisa dilakukan dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Jadi di sini kamu bisa melakukan self care untuk membantu menikmati kesendirian.

Cobalah luangkan waktu untuk mencari kesibukan baru, melakukan hal-hal yang kamu sukai, melakukan meditasi atau memanjakan diri. Ketika kamu merasa nyaman dengan kesendirian, kamu tidak mudah merasa kesepian.

[Gambas:Instagram]

5. Tujuan Relationship yang Keliru

merasa kesepian
merasa kesepian/freepik.com

Jika kamu mencari pasangan hanya karena kesepian, tanpa disadari kamu menuntut pasangan untuk selalu membahagiakanmu. Kamu menjadi sosok yang clingy, mengikuti kemanapun pasangan pergi bahkan cenderung terobsesi.

Ketika pasangan sedang tidak bersamamu maka kamu merasa kesepian bahkan cenderung curiga dan cemas. Hal tersebut malah membuat pasangan tidak nyaman, bukan tidak mungkin jika pasangan pada akhirnya meninggalkanmu, Ladies.

Nah, itulah beberapa masalah yang mungkin sedang kamu alami sehingga sering sekali merasa kesepian. Jangan lupa mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain, agar kamu tidak mudah kesepian dan putus asa. Keep strong!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id