sign up SIGN UP

6 Vitamin yang Perlu Kamu Penuhi Setiap Hari untuk Cegah Kuku yang Rapuh

tyana | Sabtu, 17 Jul 2021 11:00 WIB
6 Vitamin yang Perlu Kamu Penuhi Setiap Hari untuk Cegah Kuku yang Rapuh
caption

Kuku rapuh sering dianggap hal biasa yang normal terjadi. Sayangnya, memiliki kuku yang rapuh bukan hanya akan mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman saja, tetapi juga dapat menjadi tanda kondisi tubuh yang tidak sehat lho, Beauties.

Kuku jari merupakan lapisan yang terbuat dari protein yang disebut dengan keratin. Lapisan ini akan terus tumbuh di bawah kutikula dan menyebabkan lapisan yang telah tua terdorong ke luar. Oleh karena itu, agar memiliki kuku baru yang sehat dan kuat kita perlu mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Vitamin A

Waspadai Kuku Rapuh!  Asupan Vitamin ini Wajib Kamu Penuhi Setiap Hari
Minum susu sebagai asupan vitamin untuk kuku rapuh/Foto: Freepik/freepik

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, ternyata vitamin A juga dapat menjadi vitamin untuk kuku rapuh. Hal ini dikarenakan vitamin A memiliki peran penting dalam melindungi kerusakan sel dari radikal bebas termasuk sel kuku.

Tidak hanya antioksidan, dalam vitamin A juga dapat membantu pembentukan kuku lebih sehat dan juga kuat. Makanan yang kaya akan vitamin A diantaranya adalah wortel, susu, bayam dan aprikot.

Vitamin B9

Waspadai Kuku Rapuh!  Asupan Vitamin ini Wajib Kamu Penuhi Setiap Hari
Alpukat vitamin untuk kuku rapuh/Foto: unsplash/anna pelzer

Dilansir dari Indian Dermatology Online Journal, kekurangan vitamin B9 atau asam folat dapat menyebabkan kuku rapuh, kering dan kaku. Hal ini dikarenakan vitamin B9 atau asam folat memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah dan sel-sel baru, yang mana kedua hal ini akan mempengaruhi pembentukan kuku baru. 

Untuk itu jangan lupa, untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat seperti sayuran hijau, jeruk, kacang-kacangan dan juga alpukat untuk membuat kuku tetap sehat dan kuat.

Vitamin B12

Waspadai Kuku Rapuh!  Asupan Vitamin ini Wajib Kamu Penuhi Setiap Hari
Daging merah kaya akan vitamin untuk kuku rapuh/Foto: unsplash/peter bravo de los rios

Vitamin B12 terkenal menjadi vitamin untuk kuku rapuh. Hal ini dikarenakan kondisi kuku rapuh sering dikaitkan dengan kekurangan zync dan zat besi, di mana vitamin B 12 berperan penting dalam penyerapan kedua zat tersebut ke dalam tubuh.

Dilansir dari American Journal Clinical Dermatology mengungkap bahwa, kekurangan vitamin B12 tidak hanya dapat menyebabkan kuku rapuh tapi juga membuat kuku menjadi biru, bergelombang dan juga bergaris. 

Untuk mendapatkan asupan vitamin untuk kuku rapuh, kita tidak hanya dapat dari suplemen saja, tetapi juga dari makanan yang mengandung vitamin B12 yang tinggi seperti daging merah, ikan, telur dan juga susu. 

Vitamin C

Waspadai Kuku Rapuh!  Asupan Vitamin ini Wajib Kamu Penuhi Setiap Hari
Jus jeruk kaya akan vitamin untuk kuku rapuh/Foto: unsplash/toa heftiba

Beauties, vitamin C tidak hanya baik untuk mencerahkan kulit tetapi juga dapat menjadi vitamin untuk kuku rapuh. Hal ini dikarenakan vitamin C dapat memproduksi protein pembentuk dan penguat sel kuku, rambut dan kulit. Untuk itu kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kuku rapuh, memiliki bentuk gelombang, dan bercak hitam.

Agar tidak kekurangan vitamin C kita dapat mengkonsumsi buah dan sayuran seperti jeruk, stroberi, brokoli ataupun paprika.

Vitamin E

Waspadai Kuku Rapuh!  Asupan Vitamin ini Wajib Kamu Penuhi Setiap Hari
Minyak zaitun kaya akan vitamin untuk kuku rapuh/Foto: unsplash/jessica lewis

Sama halnya dengan vitamin A, vitamin E juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kuku dari kerapuhan. Tidak hanya vitamin untuk kuku rapuh, tapi juga memiliki peran penting dalam produksi keratin yang merupakan bahan pembentuk lapisan kuku.

Untuk membuat kuku menjadi tetap sehat dan kuat, kita dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E seperti minyak zaitun, alpukat dan gandum.

Vitamin H atau Biotin

Waspadai Kuku Rapuh!  Asupan Vitamin ini Wajib Kamu Penuhi Setiap Hari
Telur kaya akan vitamin untuk kuku rapuh/ Foto: unsplash/enis yavuz

Vitamin H atau biotin memiliki peran yang tidak kalah penting dalam mengatasi kuku rapuh. Vitamin untuk kuku rapuh ini memiliki fungsi untuk mendorong pertumbuhan sel sehat dan pembentukan asam amino yang dibutuhkan oleh kuku.

Menurut Journal National Library of Medicine, mengkonsumsi makanan yang kaya akan biotin dapat membuat pertumbuhan kuku menjadi kuat, sehat dan tidak mudah patah. Makanan yang kaya akan biotin di antaranya adalah kuning telur, salmon, alpukat, dan juga susu.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id