sign up SIGN UP

LIFE

7 Bahan Alami Paling Ampuh untuk Basmi Kutu Kepala!

Izzul Millati Umami | Kamis, 22 Jul 2021 19:00 WIB
7 Bahan Alami Paling Ampuh untuk Basmi Kutu Kepala!
caption

Pernah nggak sih kamu punya temen yang kutuan rambutnya? Atau bahkan Beauties sendiri yang mengalami. Kutu di rambut memang sering kali membuat risih yang mengalami, gatalnya bukan main kalau sedang menggigit kulit rambut. Tapi tenang Beauties, beberapa bahan berikut bisa Beauties gunakan untuk membasmi kutu kepala.

Perasan Lemon

perasan lemon
perasan lemon/Foto:pexels.com/cupofcouple

Perasan buah lemon dikenal memiliki kandungan asam yang tinggi. Selain itu, lemon juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu membunuh kutu yang bersarang di rambut. Beauties dapat memanfaatkan lemon untuk menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan lebih aman.

Asam Cuka

asam cuka
asam cuka/Foto:pexels.com/rosanasolis

Tahukah beauties bahwa cuka bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu? Selain efektif dalam membasmi kutu, cuka juga cukup murah dan aman untuk digunakan. Sifat asam yang terkandung dalam cuka mampu untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Namun karena cuka bersifat sangat asam, gunakanlah dengan hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan alami selanjutnya yang bagus digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Tea tree oil berperan sebagai insektisida yang alami dan aman bagi rambut,sehingga kemunculan kutu bisa berkurang secara perlahan hingga akhirnya hilang total.

Minyak Zaitun

minyak zaitun
minyak zaitun/Foto:pexels.com/pixabay

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat, salah satu kegunaan minyak zaitun untuk rambut adalah membuat rambut sehat dan berkilau. Selain itu, minyak zaitun memiliki kandungan vitamin A, E, dan K, serta asam lemak yang tinggi di dalamnya. Disamping segudang manfaat yang di miliki minyak zaitun untuk rambut, zaitun juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk membunuh kutu di rambut.

Mayonnaise

Salah satu bahan alami yang diyakini ampuh untuk membasmi kutu adalah mayonaise. Mayonnaise sangat lazim digunakan sebagai saus pelengkap makanan, namun ternyata mayonnaise juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen. Terdengar cukup aneh memang, tetapi kandungan yang ada di mayonaise terbukti mampu membuat kutu mati dan tak berdaya.

Alkohol

alkohol
alkohol/Foto:pexels.com/karolinagrabowska

Alkohol dengan kadar yang cukup tinggi bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut. Faktanya, senyawa isoprofil yang terkandung pada alkohol dapat membasmi kutu rambut dan telurnya. Jangan menggunakan cara ini bila kulit kepalamu sedang terluka, sebab alkohol akan membuat kulit kepala yang terluka terasa perih.

Minyak Kelapa

minyak kelapa/
minyak kelapa/Foto:pexels.com/alexandermils

Minyak kelapa dikenal sebagai salah satu zat pembasmi kutu yang efektif. Jenis minyak tersebut mempunyai peran sebagai pelumas rambut, sehingga kutu kesulitan untuk berpindah tempat dan berkembang biak. Minyak kelapa juga memiliki kandungan asam lemak jenuh dan vitamin E cukup tinggi yang mampu untuk menghilangkan kutu di rambut secara permanen.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id