sign up SIGN UP

LIFE

7 Cara Sederhana Bersihkan Dietmu Menurut Ahli Diet!

Riri Fitriana | Selasa, 06 Apr 2021 18:30 WIB
7 Cara Sederhana Bersihkan Dietmu Menurut Ahli Diet!
Ubah kebiasaan makan kita untuk tubuh yang lebih sehat/foto: freepik.com
Jakarta -

Pandemi membuat pola pikir kita sedikit berubah, khususnya terkait kesehatan. Banyak dari kita yang mulai memperhatikan asupan makanan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan fit. Nah, berikut cara sederhana untuk membantu kita sehat sekaligus stay in shape tanpa menyiksa tubuh menurut para ahli diet!

1. Bersihkan Penyimpanan

Bersihkan isi kulkas dan dapurmu dari bahan-bahan yang tidak kalian konsumsi
Bersihkan penyimpanan/pexels.com

Menurut Jaclyn London, seorang ahli diet terdaftar dan kepala dari Nutrition & Wellness di WW, mengatur pasokan makanan merupakan cara yang tepat loh, Ladies! Perhatikan dan bersihkan bahan makanan yang sudah kadaluwarsa, bumbu yang hampir habis dan bahan lainnya yang tidak pernah digunakan dari dapur dan kulkas kalian. Simpan dan letakkan bahan-bahan seperti buah, sayur, protein tanpa lemak, seafood, dan minuman tanpa pemanis di bagian depan dan tengah. Menurut pakar nutrisi, kita akan cenderung memilih makanan jika mereka berada dalam jangkauan pandangan kita.

2. Hindari Melakukan Detox

Kurangi atau hindari mengonsumsi jus detox
Hindari melakukan detox/pexels.com

Di balik popularitasnya, ternyata hanya sedikit bahkan tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan diet jus dan detox benar-benar bekerja loh. Menurut Jamie Nadeau, ahli gizi dan diet terdaftar di Rhode Island, detox dan jus sama sekali tidak diperlukan karena tubuh mampu membersihkan dan mendetoksifikasi sendiri.

Bahkan kiat diet ini tidak selalu membuat tubuh sehat dan seringkali menyebabkan masalah lain dalam mengatur berat badan serta pola makan, ungkap Lauren Hubert, ahli diet terdaftar dan MC The Sorority Nutritionist Podcast. Hubert menambahkan bahwa membuat jus malah membuat kita sering merasa lapar karena kekurangan kalori atau serat. Cara paling efektif menurut Nadeau adalah dengan makan makanan bernutrisi, terhidrasi dan lebih banyak bergerak.

3. Konsumsi Lebih Banyak Sayur dan Buah

Perbanyak konsumsi makanan berbahan dasar sayur dan buah
Konsumsi lebih banyak sayur dan buah/freepik.com

Menurut London, sayuran dan buah-buahan merupakan makanan sarat akan vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh kita. Bahkan bahan makanan ini mampu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Nadeau menyarankan untuk memakan hidangan yang berisi sayuran, entah itu tumisan, sup, dan segala masakan yang bisa ditambahkan sayuran di dalamnya. London juga menyarankan untuk menyandingkan hidangan sayuran dengan sumber protein lain seperti keju skim, selai kacang, hummus, atau 1-2 telur rebus agar tetap berenergi dan kenyang untuk waktu yang lama.

4. Perhatikan Label Makanan

Usahakan untuk selalu mengecek nutrition values/facts pada makanan yang dibeli
Perhatikan label makanan/pexels.com

Menurut Hubert, ada pentingnya untuk melihat label nutrition facts pada makanan agar dapat mengetahui bahan yang sehat dan tidak untuk tubuh kita. Kita harus memperhatikan apakah makanan yang akan kita konsumsi diproses dengan tambahan gula, biji-bijian olahan dan bahan-bahan aditif yang dapat memengaruhi berat badan dan kesehatan pencernaan dari waktu ke waktu.

5. Makan dengan Lebih Perhatian

Perhatikan waktu makan dan konsisten melakukannya
Makan dengan lebih perhatian/pexels.com

Kita harus menentukan waktu yang tepat untuk makan, Ladies. Hubert menjelaskan kita harus menggunakan tanda yang dikeluarkan tubuh untuk menentukan waktu makan. Makan ketika kita benar-benar merasa lapar dan berhenti ketika kita merasa kenyang. Salah satu cara sederhana untuk memulai kebiasaan makan yang baik adalah dengan makan secara konsisten. Menurut London, dengan tidak makan dalam waktu lama akan membuat kita makan berlebihan nantinya.

6. Batasi Bukan Kurangi!

Diet bukan berarti mengurangi makanan, tapi membatasi konsumsi makanan yang kurang menyehatkan
Batasi bukan kurangi!/freepik.com

Banyak orang yang mengartikan diet dengan mengurangi makan. Menurut Nadeau, daripada mengurangi sepenuhnya makanan yang kurang bergizi, lebih baik membatasinya dan memprioritaskan pilihan makanan yang lebih sehat. Hal ini bisa kita lakukan dengan mulai berbelanja bahan makanan pokok seperti daging dan sayur atau buah terlebih dahulu sebelum berpindah ke bagian makanan kemasan.

7. Masak Sendiri

Lebih baik lagi untuk memakan masakan rumahan
Masak sendiri/pexels.com

Beberapa pakar diet merekomendasikan untuk memakan hidangan rumahan sebagai dasar dari kegiatan diet kita. Dengan memasak sendiri, kita juga tau bahan-bahan apa saja yang akan dikonsumsi. Menurut Hubert, bukan berarti masakan olahan tidak baik, hanya saja mereka cenderung memiliki kalori lebih tinggi dan porsi yang lebih besar. Hal ini membuat kita mengonsumsi kalori berlebih tanpa disadari.

Dan yang terakhir adalah melakukannya dengan konsisten ya, Ladies! Jika gagal, jangan langsung kembali ke kebiasaan makan yang lama ya. Tetap berusaha ya, Ladies!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id