sign up SIGN UP

LIFE

Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Program Hamil?

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 18 Oct 2020 12:30 WIB
Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Program Hamil?
Foto: Ibu Hamil/Freepik.com

Bagi setiap pasangan yang sudah resmi menikah, kehadiran buah hati merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak, si anak kelak tentu akan menjadi menjadi penerus orang tuanya. Selain itu, suasana rumah juga akan berbeda dari yang sebelumnya sehingga hari-hari akan terasa lebih berwarna.

Untuk itu pula lah, banyak pasangan yang akhirnya memutuskan ikut program hamil untuk mendapatkan si buah hati. Eits, tunggu dulu, Dilansir dari Haibunda, sebelum melakukan program hamil, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan lho. Apa saja?

Hindari Stress

Cobalah memulai dengan melatih pernapasan, akupuntur, relaksasi, berendam air hangat dan juga yoga
yoga/freepik.com

Sebaik apapun asupan yang diterima, jika stres terus melanda maka hasilnya tidak akan maksimal. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat stres mampu meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh serta menekan proses ovulasi. Lebih lanjut, masalah ini bisa berakibat pada berkurangnya jumlah sperma laki-laki serta menurunnya hasrat untuk berhubungan badan. Untuk itu, mengendalikan stres secara baik harus bisa dilakukan.


Cobalah memulai dengan melatih pernapasan, akupuntur, relaksasi, berendam air hangat dan juga yoga. Memiliki waktu sendiri untuk menenangkan pikiran bisa menjadi jalan terbaik ketika melakukan aktivitas-aktivitas ini. Bagi wanita yang merupakan calon ibu, melakukan yoga akan sangat baik dilakukan sebagai persiapan program hamil karena membantu melancarkan metabolisme tubuh.

Menyeimbangkan Hormon

Mengkonsumsi smoothie bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat karena bisa meningkatkan kesuburan
Smoothie/freepik.com

Hormon akan berpengaruh besar saat mempersiapkan kehamilan. Untuk itu, melakukan segala sesuatu yang bisa meningkatkan kesuburan pra program hamil adalah kunci utamanya.

Mengonsumsi smoothie bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat karena bisa meningkatkan kesuburan. Selain itu, adanya kandungan asam folat di dalam smoothie akan sangat baik bagi calon ibu dan bayinya nanti. Asam folat mampu memperkecil kemungkinan terjadinya kelainan pada saraf.

Pilihlah Makanan yang Hangat

salah satu persiapan yang tidak boleh diabaikan adalah membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan dalam kondisi hangat
makanan sehat/freepik.com

Mungkin selama ini banyak yang tidak terlalu memperhatikan soal suhu makanan yang dikonsumsi. Namun ketika ingin melakukan program hamil, salah satu persiapan yang tidak boleh diabaikan adalah membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan dalam kondisi hangat. Hal ini dianjurkan karena makanan hangat terbukti baik dalam menjaga kesuburan rahim, lho.

Menghindari Gluten

Gluten sendiri mampu menyebabkan ketidaksuburan pada tubuh sehingga baik untu dihindari  ketika mempersiapkan program hamil.
No gluten/freepik.com

Ketika ingin menjalankan program hamil, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menghindari gluten. Hal tersebut disarankan bukan tanpa alasan. Gluten sendiri mampu menyebabkan ketidaksuburan pada tubuh sehingga baik untuk dihindari  ketika mempersiapkan program hamil.

Menjaga Kesehatan Usus

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan usus ialah dengan mengkonsumsi asupan yang mengandung probotik.
healthy drink/freepik.com

Usus merupakan salah satu organ pencernaan yang patut diperhatikan jika ingin melakukan program hamil. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan usus ialah dengan mengkonsumsi asupan yang mengandung probiotik.

Beberapa pilihan yang bisa dicoba ialah memilih asupan yang di dalamnya ada bakteri Lactobacillus acidophillus sebanyak 50 hingga 80 miliar, 1500 mg L-Glutamine setiap hari dan 4-8 ons aloe vera menjelang kehamilan.

Jaga Asupan Makanan

Segala sesuatu yang dikonsumsi memang berpengaruh banyak pada tubuh, termasuk pula untuk hal kesuburan.
asupan makanan/freepik.com

Nah, yang terakhir adalah menjaga asupan makanan. Tidak bisa dipungkiri, segala sesuatu yang dikonsumsi memang berpengaruh banyak pada tubuh, termasuk pula untuk hal kesuburan. Oleh sebab itu, memperhatikan dengan seksama makanan yang dikonsumsi adalah jalan terbaik guna mempersiapkan diri untuk menjalankan program hamil.

Mulailah dengan menghindari makanan yang tidak sehat dan menggantinya dengan makanan organik, bebas hormon dan juga bebas transgenik. Makanan-makanan yang mengandung asupan demikian mampu memperlancar metabolisme tubuh sehingga baik untuk program kehamilan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id