sign up SIGN UP

LIFE

Asam Lambung Naik? Jangan Panik, Atasi dengan Ini!

Adinda Tami | Kamis, 02 Jul 2020 10:00 WIB
Asam Lambung Naik? Jangan Panik, Atasi dengan Ini!
caption

Keluhan yang disebabkan oleh asam lambung dialami sebagian besar orang. Asam lambung sendiri sebenarnya adalah bagian tubuh manusia yang tugasnya membantu tubuh mengolah protein, membantu tubuh menyerap asam folat hingga melawan bakteri merugikan yang terkadang masuk bersama makanan dan minuman di sistem cerna dengan cara membentuk enzim khusus.

Naiknya asam lambung dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya:

  • Usia

Semakin menua usia seseorang, kemampuan tubuh untuk menjaga produksi asam lambung tetap seimbang akan menurun.

  • Makanan dan minuman

Selain faktor usia, asam lambung di tubuh juga bisa naik jika seseorang mengkonsumsi makanan tertentu. Misalkan kopi dan teh yang mengandung kafein, minuman bersoda, alkohol, susu tinggi lemak hingga daging tinggi lemak dan makanan yang digoreng.

Asam lambung
Kopi adalah salah satu makanan pemicu asam lambung naik/freepik.com

  • Kekurangan Magnesium

Saat tubuh kekurangan magnesium akan membuat LES tidak berfungsi maksimal. LES adalah otot yang menjaga agar makanan dan asam perut tidak masuk ke esofargus.

  • Kebiasaan tidak baik

Diantaranya kebiasaan merokok yang dapat membuat produksi air liur di mulut berkurang. Air liur sendiri berguna untuk menetralkan produksi asam di mulut.

  • Stress

Terlalu banyak piikiran juga bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh mengalami nyeri, salah satunya nyeri pada lambung.

  • Efek samping dari obat-obatan

Tidak heran ya jika dokter kerap menanyakan apakah pasiennya memiliki riwayat asam lambung naik. Pasalnya beberapa obat-obatan memang memiliki efek samping demikian.

Tips Mencegah Naiknya Asam Lambung

Asam lambung naik
Makan dengan gizi seimbang untuk mencegah asam lambung naik/freepik.com

Melihat dari faktor penyebab, naiknya asam lambung bisa dihindari dengan menghindari hal-hal yang menjadi pemicu. Beberapa cara yang bisa ditempuh diantaranya dengan menghindari kebiasaan merokok, menghindari makanan dan minuman pemicu naiknya asam lambung.

Tidak langsung tidur setelah makan untuk menghindari makanan kembali juga bisa dilakukan untuk mencegah asam lambung naik. Selain itu menghindari stres hingga makan dengan gizi seimbang. Mengkonsumsi makanan dengan porsi sedikit tapi sering juga bisa kamu lakukan untuk mencegah asam lambung naik.

Ketika Asam Lambung Naik, Apa yang Harus Dilakukan?

[FORUM] Sakit perut sampai susah bangun pada saat haid, apakah aku harus cek ke dokter?[FORUM] Sakit perut sampai susah bangun pada saat haid, apakah aku harus cek ke dokter?/ Foto: freepik

Ketika asam lambung secara mendadak naik, hal pertama yang harus dihindari adalah jangan panik. Perasaan panik dan cemas berlebih justru bisa memperparah sakitnya.

Pertolongan berikutnya konsumsilah makanan tertentu, seperti pisang yang memiliki kadar pH rendah. Selain pisang, kamu juga bisa mengkonsumsi melon, apel, pepaya hingga pir. Oatmeal yang kaya serat juga bisa kamu konsumsi.

Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal dapat membantu penyerapan asam di lambung. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, seledri tak kalah baik untuk penderita asam lambung.  Sebaiknya hindari makanan tinggi lemak dan digoreng. Namun jika gejala asam lambung menyerang hingga mengganggu aktivitas, sebaiknya minta saran dokter.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id