sign up SIGN UP

LIFE

Bukan Hanya Saat Haus, Ini 6 Waktu Terbaik Minum Air Putih

Dian Aprilia | Kamis, 19 Nov 2020 19:15 WIB
Bukan Hanya Saat Haus, Ini 6 Waktu Terbaik Minum Air Putih
Water/pexels.com
Jakarta -

Tidak salah jika menyebut nikmat kesehatan itu mahal harganya. Karena saat sakit, kita kehilangan banyak hal, mulai dari tidak produktif, keluar banyak uang, hingga mood menjadi buruk. Oleh sebab itu, yuk mulai membiasakan diri untuk hidup sehat agar kualitas hidup menjadi lebih baik.

Salah satunya adalah dengan minum air putih sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, minum air putih juga perlu dilakukan di waktu-waktu terbaik ini agar bisa membantu kinerja organ tubuh secara optimal.

Berikut, beautynesia.id telah merangkum 7 waktu terbaik untuk minum air putih:  

Bangun tidur

Bangun tidur
Bangun tidur/pexels.com

Waktu terbaik minum air putih adalah setelah bangun tidur. Saat bangun tidur, pasti kita akan merasa mulut dan tenggorokan kering. Hal ini dikarenakan kita mengalami dehidrasi selama tidur, sebab tidak ada asupan air selama kurang lebih 8 jam.

Oleh sebab itu, segera penuhi kebutuhan cairanmu sesaat setelah bangun tidur. Minum satu hingga dua gelas air agar metabolisme tubuh berjalan dengan lancar serta bisa membuang racun dalam tubuh.

Saat lelah

Ilustrasi lelah
Lelah/pexels.com

Banyak kinerja organ tubuh kita yang bergantung pada air, salah satunya adalah kegiatan otak dan sistem saraf. Untuk itu, air memiliki peran yang penting dalam metabolisme dan berjalannya fungsi-fungsi tubuh kita.

Saat tubuh kekurangan air maka akan menimbulkan perasaan lelah, sulit fokus, sakit kepala, perasaan marah, depresi dan banyak lagi dampak lainnya.

Setengah jam sebelum makan

Setengah jam sebelum makan
Sebelum makan/pexels.com

Minum air putih sebelum makan bisa membuat kita makan dengan porsi yang lebih kecil dan cepat kenyang.

Namun ingat, jangan minum air putih selama makan atau sesaat sebelum atau sesudah makan, sebab hal itu justru membuat pencernaan berjalan kurang efektif. Karena akan mengganggu kadar alami asam dan empedu yang diperlukan dalam proses mencerna.

Saat sakit

Ilustrasi sakit
Sakit/pexels.com

Saat sedang sakit, kebutuhan asupan cairan tubuh jauh lebih banyak. Oleh sebab itu, kita dianjurkan lebih banyak minum air putih saat sedang sakit. Mengonsumsi air putih bisa membantu untuk menyingkirkan virus dan juga bakteri saat sakit. Selain itu, minum air putih juga bisa membantu memperbaiki daya tahan tubuh dengan lebih cepat.

Saat ingin ngemil

Snack
Snack/pexels.com

Sudah makan, tapi kok masih lapar? Pernah merasakan hal yang sama, ladies? Kadangkala saat haus, tubuh mengeluarkan sinyal lapar. Jadi, saat kamu merasa lapar belum tentu disebabkan karena benar merasa lapar, hal itu bisa menjadi tanda kamu sedang haus.

Untuk itu saat kamu merasa lapar padahal sudah makan, sebaiknya jangan ngemil dulu dan coba ganti dengan minum segelas air. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan, minum juga bisa membendung keinginan untuk ngemil dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Sebelum dan sesudah olahraga

Olahraga
Olahraga/pexels.com

Minum air putih bisa mencegah kelelahan dan juga melancarkan fungsi organ-organ tubuh. Untuk itu, sebelum olahraga dianjurkan untuk minum air putih yang cukup, agar bisa meningkatkan daya otot tubuh dan juga agar tidak mengalami dehidrasi.

Sementara itu, minum air putih setelah berolahraga bisa membantumu untuk mengisi ulang cairan yang hilang selama berolahraga. Namun ingat, jangan sampai berlebihan dalam minum air agar perut tidak keram.

Itulah 6 waktu terbaik untuk minum air. Ingat, jangan hanya minum air di saat haus saja ya, tapi usahakan untuk minum air sesuai dengan kebutuhan tubuh, agar tubuh tetap sehat, metabolisme lancar dan juga tidak dehidrasi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id