sign up SIGN UP

LIFE

Tak Perlu Produk Penurun Berat Badan, Diet Air Putih Lebih Sehat Untuk Tubuh

Dian Aprilia | Senin, 16 Nov 2020 12:30 WIB
Tak Perlu Produk Penurun Berat Badan, Diet Air Putih Lebih Sehat Untuk Tubuh
caption
Jakarta -

Lagi pusing mikirin berat badan yang tak kunjung turun, ladies? Sudah berbagai macam produk penurun berat badan dicoba tapi belum berhasil? Tak perlu panik, coba saja diet air putih. Diet air putih atau waster fasting adalah diet yang dilakukan dengan cara tidak mengonsumsi makanan atau minuman apa pun selain air putih.

Untuk itu, tidak berlebihan jika menyebut diet air putih sebagai diet yang mudah, murah dan aman untuk dilakukan buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Sebab kamu tak perlu membeli makanan atau minuman mahal, cukup sediakan air putih dan meminumnya. Dan akan aman jika dilakukan dengan cara yang tepat

Siapa saja yang boleh diet air putih?

Meski bukan produk penurun berat badan, diet air putih ini tak bisa dilakukan oleh semua orang. Berikut adalah daftar orang-orang yang tidak bisa menerapkan diet ini karena bisa berpotensi menimbulkan masalah kesehatan:

  • Penderita penyakit jantung
  • Penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2
  • Orang dengan gangguan makan
  • Orang yang kurus dan sangat kurus
  • Ibu hamil dan sedang menyusui
  • Penderita migrain
  • Pasien transfusi darah
  • Orang lanjut usia

Apa manfaat dan risiko diet air putih?

Minum air putih
Minum air putih/pexels.com

Diet air putih dianggap sebagai diet yang mampu turunkan berat badan. Selain itu, diet air putih juga diyakini mampu menurunkan tekanan darah, memicu proses peremajaan tubuh, mengurangi risiko munculnya penyakit jantung, diabetes atau pun kanker dan mengurangi stres.

Meski begitu, kamu juga perlu berhati-hati dengan kemungkinan efek samping atau risiko dalam melaksanakan diet air putih. Diantaranya adalah lemak tidak hilang, kekurangan nutrisi, dehidrasi, tekanan darah rendah dan lemas berlebihan.

Bagaimana cara diet air putih?

Minum air putih
Minum air putih/pexels.com

Untuk menghindari berbagai risiko tersebut, maka penting bagi kamu untuk melakukan diet air putih secara benar. Lantas bagaimana caranya?

  1. Latihan diet air putih dengan mengurangi prosi makan secara bertahap selama 3-4 hari sebelum melaksanakan diet air putih.
  2. Ingat, diet air putih hanya dilakukan maksimal 72 jam, jadi kamu bisa melakukannya selama 1-3 hari.
  3. Minum air putih lebih banyak dari biasanya. Jika kebutuhan air putih secara normal 1,5 liter, kamu bisa tambah hingga menjadi 2-3 liter per hari. Hal ini perlu dilakukan karena kamu tak dapat asupan makanan apapun selama melakukan diet ini. Tapi jangan juga terlalu banyak, karena bisa membahayakan tubuh.
  4. Sebaiknya hindari berolahraga terlebih dahulu.
  5. Jangan lakukan diet air putih saat sedang menjalani aktivitas berat, saat tidak enak badan atau mengendarai kendaraan dalam waktu lama. Sebab diet ini rentan membuatmu jadi lemas dan pusing.
  6. Setelah diet selesai, jangan langsung balas dendam dengan makan dengan prosei banyak. Makan porsi kecil terlebih dahulu dan tingkatkan secara bertahap.
Konsultasi ke dokter
Konsultasi ke dokter/pexels.com

Itulah seluk beluk tentang diet air putih. Selain mudah, murah, diet ini juga aman dilakukan jika dilakukan dalam kondisi yang tepat dan cara yang tepat dibandingkan memakai produk penurun berat badan.

Sebelum melakukan diet ini, sebaiknya konsultasi dengan dokter mengenai kondisi dan kapasitas tubuhmu untuk melakukan diet ini. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id