sign up SIGN UP

LIFE

Cara Bedakan Oxymeter Asli dan Palsu Agar Isolasi Mandiri Jadi Lebih Tenang

Dian Aprilia | Kamis, 22 Jul 2021 22:00 WIB
Cara Bedakan Oxymeter Asli dan Palsu Agar Isolasi Mandiri Jadi Lebih Tenang
Oxymeter/ foto: pexels.com/Towfiqu barbhuiya

Salah satu alat yang diperlukan saat isolasi mandiri Covid-19 adalah oxymeter. Oxymeter merupakan alat pengukur kadar oksigen dalam darah. Keberadaan oxymeter diperlukan oleh pasien Covid-19 guna mengecek kondisi oksigen, sebab kadar oksigen yang rendah biasanya tak menimbulkan gejala.

Padahal kondisi kurangnya oksigen dalam darah merupakan kondisi yang cukup berbahaya apabila tak segera ditangani. Sayangnya di masa pandemi Covid-19 ini, ada oknum yang memanfaatkan permintaan oxymeter yang tinggi untuk membuat produk palsu demi mendulang keuntungan. Untuk itu, berikut beauynesia.id telah merangkum cara membedakan oxymeter asli dan palsu agar isolasi mandiri jadi lebih tenang.

Masukkan Jari

Oxymeter
Oxymeter/pexels.com/Towfiqu barbhuiya

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membedakan oxymeter palsu dan asli adalah dengan memasukkan jari pada oxymeter. Apabila panel pembaca menunjukkan grafik, maka oxymeter tersebut asli. Sebaliknya jika oxymeter hanya menunjukkan angka kadar oksigen tanpa grafik, kemungkinan oxymeter tersebut palsu. Kamu perlu mengulangi percobaan tersebut hingga 3 kali agar bisa memilih oxymeter terbaik.

Gunakan Benang

Oxymeter
Oxymeter/pexels.com/Stanley Ng

Cara selanjutnya adalah menggunakan benang dan mengikatnya pada jari. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengikat seutas benang di pangkal jari telunjuk. Ikat agak erat sehingga aliran darah ke jari melambat.

Apabila hasil menjadi berkurang, maka menunjukkan bahwa oxymeter tersebut palsu dan layak jadi oymeter terbaik yang kamu pilih. Sebaliknya apabila hasilnya tetap atau bertambah naik bisa menjadi tanda oxymeter tersebut palsu atau tidak sensitif. Jadi sebaiknya sebelum memilih oxymeter, kamu perlu perhatikan kinerjanya juga, jangan hanya harga oxymeter.

Gunakan Pensil

Oxymeter
Oxymeter/pexels.com/Towfiqu barbhuiya

Cara ini pernah beredar viral di media sosial dan cukup gampang untuk dilakukan. Kamu hanya perlu memasukkan pensil ke dalam oxymeter, lalu cek hasilnya. Apabila oxymeter menunjukkan tingkat saturasi oksigen dan denyut jantung dari pemeriksaan pensil, maka bisa menjadi tanda bahwa oxymeter tersebut palsu. Apabila oxymeter tak menunjukkan angka sama sekali, maka bisa menjadi pertanda bahwa oxymeter tersebut asli karena tak berhasil mendeteksi saturasi oksigen dan denyut jantung di pensil. Cara ini bisa kamu lakukan agar bisa mendapat oxymeter terbaik dan efektif.

Cek Sertifikasi

Harga oxymeter sering dijadikan patokan dalam membeli, tetapi Anda harus juga memperhatikan efektivitasnya serta sertifikasi guna mendapatkan oxymeter terbaik. Sertifikasi oxymeter yang dapat dipercaya adalah FDA, RoHS, dan juga CE.

Itulah 4 cara bedakan oxymeter asli dan palsu, agar isolasi mandiri jadi lebih tenang. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id