sign up SIGN UP

5 Tanaman Hias Pembersih Udara untuk Indoor dan Perawatannya Mudah

Dian Aprilia | Senin, 12 Jul 2021 08:00 WIB
5 Tanaman Hias Pembersih Udara untuk Indoor dan Perawatannya Mudah
caption

Semenjak pandemi Covid-19, banyak orang yang menggeluti hobi baru yakni merawat tanaman hias. Hobi yang satu ini memang tak hanya mengisi waktu luang selama di rumah aja tetapi juga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Salah satu jenis tanaman hias yang banyak dicari adalah tanaman hias pembersih udara dan tanaman hias indoor.  

Sebab selain bisa mempercantik bagian dalam rumah, tanaman hias juga bisa berfungsi sebagai penyegar alami dalam rumah. Berikut beautynesia.id telah merangkum berbagai jenis tanaman hias pembersih udara untuk indoor dan perawatan yang mudah.

Peace Lily

Peace lily
Tanaman hias Peace lily/pexels.com/Rovelyn Camato

Peace lily merupakan bunga hias yang ampuh untuk menghilangkan berbagai racun di udara seperti benzena dan formaldehida. Peace lily membutuhkan cahaya dan kelembapan yang tinggi untuk tetap tumbuh subur.

Cara perawatan bunga hias ini cukup mudah. Kamu hanya perlu memperhatikan kelembapannya saja. Siram bunga hias ini dengan air secukupnya dan sampai media basah. Jangan biarkan air menggenang, karena peace lily mudah busuk jika kelebihan air.

Lidah Mertua

Tanaman hias lidah mertua
Tanaman hias lidah mertua/pexels.com/ehsan ahmadnejad

Jenis tanaman hias pembersih udara selanjutnya adalah lidah mertua. Tanaman hias ini bisa menyerap berbagai jenis polutan udara dalam ruangan. Di antaranya adalah karbon monoksida, nikotin, formaldehyde, trichloroethylene, dan dioksin. Selain itu, secara fengshui, tanaman hias lidah mertua ini bisa mendatangkan energi positif dalam bentuk kemakmuran, kepandaian dan panjang umur.

Cara perawatan tanaman hias ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memastikan lidah mertua mendapatkan cahaya matahari yang cukup, suhu tidak terlalu rendah, dan media tanam yang cepat meresap air.

Spider Plant

Tanaman hias selanjutnya adalah spider plant. Tanaman ini juga terbukti ampuh menghilangkan polutan di udara seperti formaldehida dan xylene. Sebaiknya, kamu meletakkan tanaman ini di dapur atau teras yang memiliki potensi polutan lebih tinggi dibandingkan area lainnya.

Cara perawatan jenis tanaman hias ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memperhatikan cahaya matahari dan kelembapan udara di sekitar tanaman. Selain itu, kamu hanya perlu menyiram spider plant selama 2-3 kali saja dalam seminggu. 

Aloe Vera

Tanaman hias Aloe vera
Tanaman hias Aloe vera/pexels.com/Kara Muse

Tanaman lidah buaya atau aloe vera termasuk tanaman hias yang bisa menyerapkan berbagai polutan, seperti formaldehida dan benzena. Selain itu, tanaman lidah buaya diyakini mampu menyerap radiasi elektromagnetik yang bisa membahayakan tubuh.

Perawatan tanaman hias lidah buaya juga cukup mudah. Pastikan kamu menempatkan tanaman ini di indoor yang mendapat sinar matahari langsung. Intensitas menyiram tanaman ini adalah sekali saja setiap 2-3 minggu. 

Sirih Gading

Tanaman hias sirih gading
Tanaman hias sirih gading/pexels.com/Jessika Arraes

Sirih Gading termasuk jenis tanaman hias yang bisa membersihkan udara. Tanaman hias yang satu ini termasuk jenis yang cukup populer dan sering ditemukan di rumah-rumah. Tanaman hias sirih gading bisa menghasilkan oksigen dengan cepat serta menyerap karbondioksida.

Sirih gading juga termasuk tanaman hias yang perawatannya cukup mudah. Jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya, Sirih Gading cenderung bisa bertahan lama asalkan ditempatkan di lokasi yang tepat dan mendapatkan air yang cukup.

Itulah 5 jenis tanaman hias yang berperan untuk membersihkan udara dalam ruangan dan cara perawatannya. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id