sign up SIGN UP

LIFE

Cara Diet Sehat Saat Puasa, Tubuh Tetap Ideal Saat Lebaran

tyana | Rabu, 05 May 2021 04:00 WIB
Cara Diet Sehat Saat Puasa, Tubuh Tetap Ideal Saat Lebaran
Foto: Ilustrasi Diet/Freepik.com

Siapa nih yang ingin tampil beda saat lebaran nanti? Bulan ramadan dapat jadi momen yang tepat untuk mewujudkan impian kamu mendapatkan berat badan yang ideal lho, Ladies.

Saat puasa kita dapat lebih mudah untuk mengontrol kalori yang masuk karena jam makannya dibatasi. Eitss, meskipun begitu banyak orang juga yang naik berat badan saat puasa karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng dan juga manis.

Yuk! Dapatkan berat badan ideal dengan melakukan diet ini saat puasa. 

Konsumsi Sayuran dan Protein 

Cara Diet Sehat saat Berpuasa
Ilustrasi Mengkonsumsi Sayuran/freepik.com

Untuk memaksimalkan penurunan berat badan saat berpuasa kita perlu melengkapi konsumsi makanan kita dengan sayuran, buah dan protein. Makanan yang kaya akan serat dan protein tak hanya dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mudah menurunkan berat badan tetapi juga membuat tubuh kita tetap sehat dan lama kenyang. Jadi enggak kelaparan saat puasa meskipun sedang diet.

Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Cara Diet Sehat saat Berpuasa
Ilustrasi Minum Air Putih/freepik.com

Saat berpuasa kita perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Kekurangan mengkonsumsi air putih saat waktu buka hingga sahur dapat membuat tubuh menjadi lemas dan mudah sakit. Mengkonsumsi air putih juga dapat membantu tubuh meningkatkan metabolisme sehingga berat badan terjaga ideal. 

Sayangnya, masih banyak orang yang mengkonsumsi air putih saat puasa dalam satu waktu, seperti minum air putih terlalu banyak saat sahur agar tidak kehausan saat puasa. Ladies, kebiasaan mengkonsumsi air putih beberapa liter dalam satu waktu ini dapat berbahaya untuk tubuh. Hal ini dikarenakan dapat mengencerkan elektrolit dan menyebabkan keracunan air putih. 

Hindari Makanan Gorengan, Bersantan dan Manis

Cara Diet Sehat saat Berpuasa
Ilustrasi Makan Kue/freepik.com

Ladies, meskipun telah seharian berpuasa bukan berarti dapat mengkonsumsi apapun makanan yang kita inginkan lho. Makanan yang terlalu banyak mengandung gula, garam dan minyak dapat menjauhkan keinginan kita untuk memiliki berat badan ideal saat Idul Fitri nanti. Oleh karena itu, mulailah untuk mengurangi makanan yang digoreng, bersantan dan juga memiliki gula tambahan. 

Tetap Jaga Porsi Makan saat Berbuka dan Sahur

Cara Diet Sehat saat Berpuasa
Ilustrasi Makan/freepik.com

Seharian menjaga lapar dan haus membuat kita ingin mengkonsumsi semua makanan saat berbuka ataupun sahur. Sayangnya kebiasaan ini dapat meningkatkan berat badan, gula berlebih dan juga menyebabkan permasalahan pada organ tubuh. 

Meskipun telah berpuasa seharian kita tetap perlu menjaga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi makanan yang manis seperti kolak ataupun es campur memiliki kalori yang cukup tinggi. Tetap jaga pola makanan dan juga perbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk membuat tubuh tetap sehat dan juga menjaga berat badan.

[Gambas:Instagram]

Tidur yang Cukup

Cara Diet Sehat saat Berpuasa
Ilustrasi Tidur/freepik.com

Saat ramadan banyak orang memilih untuk tidak tidur agar tak kesiangan sahur ataupun memilih tidur siang yang lebih lama. Sayangnya kurangnya tidur saat malam hari dapat membuat sistem metabolisme kita hancur sehingga tubuh tidak dapat membakar lemak secara efektif. 

Tak hanya itu kekurangan tidur juga dapat menyebabkan meningkatkan hormon ghrelin yang bisa menambah nafsu makan. Oleh karena itu Ladies, jangan lupa untuk menjaga jam tidur tetap cukup dan juga berkualitas. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id