sign up SIGN UP

Cara Salah dan Tidak Sehat Turunkan Berat Badan, Salah Satunya Berlebihan Makan Makanan Berlabel 'Sehat' Lho!

Fina Prichilia | Sabtu, 11 Sep 2021 15:00 WIB
Cara Salah dan Tidak Sehat Turunkan Berat Badan, Salah Satunya Berlebihan Makan Makanan Berlabel 'Sehat' Lho!
caption
Jakarta -

Kalau selama ini upaya kamu menurunkan berat badan nggak juga berhasil, maka kamu perlu mengeceknya lagi deh, Beauties.

Nah, nggak perlu berlama-lama coba cek daftar berikut ini!

1. Banyak Konsumsi Makanan 'Sehat'

Salah satu kebiasaan orang yang lagi turunkan berat badan adalah mengurangi jumlah porsi makannya.

Tapi begitu ada label makanan bertuliskan 'makanan organik', 'low fat', dan 'less sugar', justru beberapa orang memakannya dalam jumlah sangat banyak, karena percaya hal itu tak akan bikin berat badannya naik. Demikian temuan studi dari University of Michigan, AS.

Padahal tidak benar bila begitu ya, Beauties. Sebaliknya, kalau dikonsumsi berlebihan maka tetap bisa menaikkan berat badan. Terlebih dengan asupan yang mengandung gula tambahan.

Makan terlalu cepat membuat lemak menimbun lebih banyak/ Foto: Freepik.comMakan hanya sedikit, betul bisa turunkan berat badan? / Foto: Freepik.com

2. Makan Hanya Sedikit

Makan hanya dalam jumlah sedikit memang bikin cepat kamu turun berat badan. Tapi, cara ini terhitung nggak sehat. Karena meski tujuannya mengurangi asupan kalori, bukan berarti kamu hindari kalori sama sekali, Beauties. Tak jarang banyak ditemui orang yang menghindari nasi, juga jenis karbohidrat lainnya.

Alhasil, massa otot kamu jadi rendah. Kamu pun jadi tampak kurang segar dan berisiko terkena diabetes melitus saat tua nanti. Untuk itu, terapkan diet yang cocok denganmu ya. Kamu bisa mengkonsultasikan hal ini terlebih dulu ke ahli gizi maupun dokter. Karena program diet pada tiap orang, bisa berbeda-beda tergantung kondisi.

3. Habis Olahraga, Makan Besar

Habis olahraga malah berikan diri self-reward berupa makan besar? Terlebih jenis makanan yang dipilih cenderung tidak sehat.

Tentu kamu perlu makan setelah berolahraga. Pilihlah snack rendah kalori, makanan yang mengandung karbohidrat dan protein sehat.

4. Tidak Disiplin

Sekarang kamu sudah tahu bahwa olahraga dan pemilihan jenis makanan dengan kalori rendah, penting dalam upaya turunkan berat badan. Hanya saja sekarang masalahnya, kamu nggak cukup disiplin untuk mempertahankan kebiasaan ini, Beauties.

Yuk, jangan kedor kalau ingin punya nilai bobot sehat dan ideal ya!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id