sign up SIGN UP

LIFE

Cegah Burn Out, Inilah Manfaat Tidur Siang Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui

Dimitrie Hardjo | Minggu, 02 May 2021 04:30 WIB
Cegah Burn Out, Inilah Manfaat Tidur Siang Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui
caption
Jakarta -

Tingkat kesehatan mental orang-orang seakan ditantang selama pandemi berlangsung. Beban pekerjaan yang semakin berat, terutama ketika dilakukan di rumah, semakin membuat pikiran seseorang tidak tenang. Banyak orang yang mulai mengeluhkan tanda-tanda burnout karena pekerjaan semenjak pandemi ini. Akibatnya, tidak cuma merasa lelah, terkadang seseorang dapat mengalami kesulitan tidur. 

Beautynesian, tahukah kamu terdapat banyak cara untuk mengatasi burnout tersebut? Salah satunya ialah dengan tidur siang selama 20-30 menit saja. Sebuah studi dari Universitas Harvard menunjukan tidur siang, walaupun hanya sebentar saja, dapat mengurangi burnout dari pekerjaan itu lho! Kira-kira apalagi ya manfaat tidur siang yang bisa membantu kamu? 

1. Meningkatkan imunitas

Tidur siang untuk meningkatkan imunitas.
Tidur siang untuk meningkatkan imunitas. Foto: pexels.com

Tubuh yang bugar akan mempengaruhi sistem imun kamu juga lho, Beautynesian! Mengutip dari vogue.com, dokter dari Harvard Medical School, Dr. Rebecca Robbins, mengungkapkan adanya korelasi dari tidur dengan kesehatan imun. Selain memperbanyak antibodi, antibodi dalam tubuh tersebut akan lebih peka terhadap patogen ketika kamu mendapatkan cukup tidur.

2. Mencegah burnout

Mencegah burnout kerjaan.
Mencegah burnout kerjaan. Foto: pexels.com

Studi dari Universitas Harvard yang dilakukan Sara Mednick dan Ken Nakayama tahun 2002 menunjukkan tidur siang menjadi salah satu solusi untuk mengatasi burnout. Kemampuan kita untuk menangkap informasi akan berkurang ketika korteks visual dalam otak merasa lelah, karena itu dibutuhkan istirahat sebagai cara untuk me-reboot pikiran.

3. Menjadi lebih fokus

Mempertajam fokus.
Mempertajam fokus. Foto: unsplash.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika merasa lelah, otak menjadi kurang fokus sehingga pekerjaan pun dapat terganggu. Luangkan waktu beberapa saat untuk mengistirahatkannya dengan tidur siang agar fungsi otak kembali efisien dan kamu lebih produktif dalam melakukan aktivitas.

4. Mempertajam memori

Mempertajam memori.
Mempertajam memori. Foto: pexels.com

Tidur siang juga bisa membantu otakmu memproses informasi yang diterima untuk masuk ke long-term memory lho, Beautynesian! Melansir healthline, studi tahun 2019 ini dilakukan pada 84 mahasiswa yang sebagian diminta untuk tidur siang setelah belajar selama 90 menit. Hasil studi menunjukkan mahasiswa yang melakukan tidur siang memiliki performa lebih baik dalam tes dibandingkan kelompok yang tidak.

Ternyata tidur siang memiliki dampak yang sangat besar untuk performa kamu ya, Beautynesian! Apakah kamu akan mempertimbangkannya?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id