sign up SIGN UP

Dari Makan Terlalu Cepat hingga Minum Lewat Sedotan, 5 Kebiasaan Ini Bikin Perut Buncit!

Raudiya Nurfadilah H | Senin, 11 Oct 2021 08:45 WIB
Dari Makan Terlalu Cepat hingga Minum Lewat Sedotan, 5 Kebiasaan Ini Bikin Perut Buncit!
caption

Perut buncit merupakan salah satu permasalahan yang bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, dapat memberikan efek buruk dan berisiko menimbulkan adanya beberapa masalah kesehatan lainnya.

Penyebab perut buncit bisa terjadi karena adanya stres, diet yang salah, hingga kebiasaan-kebiasaan yang tidak disadari. Kira-kira apa saja ya? Berikut ini beberapa kebiasaan yang ternyata bisa membuat berat badan jadi naik dan perut buncit.

Makan Terlalu Cepat

Perut buncit bisa disebabkan makan yang terlalu cepat
Perut buncit bisa disebabkan makan yang terlalu cepat/ Foto: Freepik/ Lookstudio

Salah satu penyebab mengapa perut bisa buncit yakni karena kebiasaan makan yang terlalu cepat. Pasalnya, kita jadi nggak dapat menikmati tiap lahapnya, dan berakhir dengan mempercepat kembalinya rasa lapar lho, Beauties!

Sebaiknya kebiasaan itu harus diubah, meski agak mengganggu karena bisa menjadi orang terakhir yang menghabiskan makanan, tetapi hal tersebut tidak akan membuat perutmu buncit.

Makan Malam Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur bisa membuat perut menjadi buncit
Makan sebelum tidur bisa membuat perut menjadi buncit/ Foto: Freepik/ Tirachardz

Apakah kamu sering makan malam sebelum tidur? Jika ya, maka itu bisa menjelaskan mengapa perutmu bisa buncit dan berat badan menjadi naik.

“Berbaring bisa merusak pencernaan, jadi jika kamu tidur dengan makanan yang ada di perut, itu tidak akan dicerna dengan cepat dan bisa membuat perutmu buncit di pagi hari,” ujar Alissa Rimsey, RD, founder dari The Liberated Body Program.

Jika kamu tetap ingin makan pada malam hari, maka cobalah untuk makan setidaknya tiga jam sebelum tidur agar tidak membuat perutmu buncit.

Suka Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat menyebabkan perut buncit
Mengunyah permen karet dapat menyebabkan perut buncit/ Foto: Freepik/ Cookie_studio

Jika kamu senang mengunyah permen karet, maka kebiasaan tersebut sebaiknya perlu ditinggalkan karena itu bisa menyebabkan perutmu menjadi buncit.

“Banyak orang mengunyah permen karet untuk mencegah mereka banyak makan, tetapi ternyata hal tersebut secara tidak sadar bisa menelan udara,” kata ahli gizi bernama Bonnie Taub-Dix, RDN yang dikutip dari Daily Burn.

Asupan udara yang berlebihan dapat membuat ususmu terasa seperti balon dan sebagian besar permen karet mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan gas dan kembung pada perut.

Minum Melalui Sedotan

Perut buncit bisa disebabkan karena minum melalui sedotan
Perut buncit bisa disebabkan karena minum melalui sedotan/ Foto: Freepik/ Drobotdean

Kebiasaan minum melalui sedotan juga bisa membuat perutmu menjadi buncit, Beauties. Menurut Taub-Dix, setiap kali menyesap minuman melalui sedotan udara akan tertelan sebelum cairannya diminum. Lebih baik langsung menyesap dari wadahnya untuk menyelamatkan perutmu dari ketidaknyamanan.

Minum Banyak Air Sekaligus

Jangan minum air banyak sekaligus karena bisa membuat perut buncit
Jangan minum air banyak sekaligus karena bisa membuat perut buncit/ foto: Freepik/ Diana.grytsku

Tetap terhidrasi memang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi minum air dalam jumlah yang banyak sekaligus dapat menyebabkan perut buncit karena kamu menambahkan volume ke dalam sistem pencernaan sekaligus.

“Ini bisa meregangkan perut dan membuatmu merasa tidak nyaman atau kembung,” kata Kylie Ivanir, MS, RD, seorang ahli diet terdaftar spesialisasi dalam kesehatan usus yang dilansir dari Eating Well.

Untuk menghindari perut buncit, cobalah untuk minum air dalam beberapa waktu, misalnya 30 menit sebelum atau sesudah makan agar perutmu tetap rata.

Nah, Beauties, itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuat perutmu buncit. Sebaiknya segera ubah kebiasaaan tersebut agar perutmu teap rata.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id