sign up SIGN UP

LIFE

Daun Seledri Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini

Fauziana Hilda | Jumat, 26 Jun 2020 21:30 WIB
Daun Seledri Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini
caption

Selain dapat dijadikan bahan olahan makanan lezat, daun seledri ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Simak informasinya di sini, ya!

Dapat Menghilangkan Kanker

Gambar Sayuran Seledri
Menghilangkan Kanker/ Foto: Freepik.com

Seledri kaya akan antioksidan yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan munculnya kanker dari sel-sel tubuh. Menurut penelitian, ekstrak seledri memiliki dua senyawa anti kanker yang potensial seperti Apigen dan Luteolin. Mengonsumsi seledri menjadi solusi efektif dalam mencegah kanker payudara, ovarium, pankreas, hati, dan prostat.

Dapat Mengurangi Peradangan Penyakit Kronis

Ilustrasi memotong sayuran seledri
Mengurangi Peradangan Penyakit Kronis/ Foto: Freepik.com

Sejak lama ekstrak biji seledri dipercaya memiliki sifat anti inflamasi pada tubuh. Seledri dan ekstrak bijinya ampuh untuk mengobati peradangan.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji seledri sama efektifnya dengan obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen dan naproxen untuk mengobati gejala radang sendi. 


Seledri dapat membantu mengurangi rasa sakit dan melindungi tubuh dari kerusakan lambung. Adanya luteolin dalam seledri dapat membantu mengurangi peradangan otak. Seledri juga dapat mengobati penyakit Neurodegeneratif seperti Multiple Sclerosis dan Alzheimer

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi dokter sedang memeriksa jantung pasien
Mengurangi Risiko Penyakit Jantung/ Foto: Freepik.com

Daun seledri juga memiliki manfaat yang baik untuk melindungi jantung. Adanya natrium tinggi yang terkandung dalam seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah. Membuat jus seledri dan madu sangat baik untuk kesehatan jangka panjang.

Kandungan kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin K yang tinggi dalam seledri sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Beragam kandungan mineral baik di dalamnya dapat membantu mencegah risiko serangan jantung atau stroke. Di Afrika Selatan, jus seledri bisa dicampurkan dengan cuka dan diberikan kepada wanita hamil untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Ilustrasi sayuran daun seledri
Menurunkan Kadar Kolesterol/ Foto: Freepik.com

Rutin mengonsumsi daun seledri dapat memberikan manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dalam seledri terdapat kandungan senyawa kimia bernama 3-n-butylphthalide yang mempunyai efek positif untuk mengurangi kolesterol jahat dalam aliran darah.

Konsumsi daun seledri juga dapat memberikan nutrisi anti peradangan seperti antioksidan berupa flavonoid dan poolifenol. Kandungan antioksidan ini akan membantu tubuh melawan paparan buruk dari radikal bebas dan stres oksidatif. Sehingga seledri dapat mencegah terkena penyakit kanker, jantung, radang sendi, infeksi ginjal, infeksi hati, asam urat, sindrom iritasi usus besar, dan infeksi saluran kemih.

Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi wanita menurunkan berat badan
Menurunkan Berat Badan/ Foto: Freepik.com

Kamu memiliki masalah dengan berat badan? Mungkin bisa mencoba mengonsumsi seledri. Daun seledri memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan dikenal padat nutrisi. Beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat seperti antioksidan, elektrolit, vitamin, dan mineral ada dalam seledri sehingga membuatnya cocok untuk dijadikan makanan penurun berat badan.

Tak hanya itu, seledri juga berguna sebagai cadangan nutrisi bagi tubuh dan mengelola metabolisme lemak dalam tubuh. Namun, tentu saja untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsi seledri tetap harus diimbangi dengan olahraga teratur dan pola makan yang baik.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id