sign up SIGN UP

LIFE

Diet Asal-asalan Bikin Wanita Tidak Subur, Benar Gak Sih?

tjitradewi | Kamis, 07 Jan 2021 18:30 WIB
Diet Asal-asalan Bikin Wanita Tidak Subur, Benar Gak Sih?
caption

Memiliki tubuh ideal merupakan keinginan setiap orang. Mengatur pola makan atau diet menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Biasanya orang yang sedang diet mengurangi asupan karbohidrat, lemak, dan protein. Mereka lebih memilih untuk mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayur dan buah. Ada juga diet defisit kalori, yakni dengan mengurangi asupan kalori per harinya. Biasanya mereka yang mengadopsi diet ini lebih mementingkan kalori makanan dibandingkan nutrisinya.

Namun, apakah kamu tahu bahwa diet asal-asalan bisa memengaruhi kesuburan?

Dilansir dari website drchrisrussell.com.au, makanan yang mempengaruhi ketidakseimbangan hormon adalah bahan yang tinggi karbohidrat, seperti gula, nasi, kentang, dan makanan yang terbuat dari tepung-tepungan.

Ilustrasi
Ilustrasi (freepik)

Makanan tinggi kadar gula tersebut jika dikonsumsi berlebihan akan memaksa pankreas untuk bekerja lebih. Hal ini membuat insulin akan diproduksi lebih banyak, di mana insulin dalam jumlah besar dapat mengganggu ovulasi yakni dengan mencegah sel telur matang dengan sempurna dan meningkatkan kemungkinan terbentuknya kista rahim.

Salah satu cara agar menjalani diet yang baik adalah membatasi asupan bahan makanan yang mengandung gula dan minyak jenuh. Jangan lupa untuk mengonsumi sayur dan buah-buahan serta sumber protein seperti telur dan daging.

Ilustrasi
Ilustrasi (freepik)

Kalian juga harus memperbanyak asupan makanan kaya omega 3 yang dapat ditemukan dalam ikan dan kacang-kacangan. Pasalnya, omega 3 dapat membantu menstimulasi ovulasi.

Saat sedang menjalani diet, jangan lupakan mikornutrien seperti zat besi, vitamin D, selenium, dan iodin. Zat yang bisa kamu temukan dalam protein hewani tersebut terbukti membantu perempuan untuk meningkatkan kualitas ovulasi.

Ilustrasi
Ilustrasi (freepik)

Beberapa waktu lalu, beberapa praktisi kesehatan mengatakan bahwa beberapa perempuan yang sulit hamil dipengaruhi karena asupan nutrisi yang kurang saat remaja. Hal ini disebabkan karena diet asal-asalan yang miskin nutrisi.

Ilustrasi
Ilustrasi (freepik)

Sebenarnya, hal ini tidak hanya berlaku pada perempuan. Laki-laki yang memiliki nutrisi buruk juga memiliki kualitas sperma yang buruk juga. Meski kalian sedang berdiet, jangan lupakan asupan nutrisi ya! 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id