sign up SIGN UP

Duh... 5 Mitos Tentang Vaksin Covid-19 Ini 'Haram' Banget Dipercaya!

Rini Apriliani | Jumat, 08 Oct 2021 13:00 WIB
Duh... 5 Mitos Tentang Vaksin Covid-19 Ini 'Haram' Banget Dipercaya!
caption
Jakarta -

Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu upaya dari Pemerintah untuk memerangi kasus pandemi corona di Indonesia. Namun sayangnya, di samping sedang gencar-gencarnya dilakukan ini, justru ada saja beredar hal-hal kurang menyenangkan seperti mitos yang dapat memengaruhi sebagian masyarakat.

Namanya saja mitos, tentu hal ini tidaklah benar. Berikut ini mitos seputar vaksin Covid-19 yang beredar di masyarakat. Simak dan jangan sampai terkecoh apalagi dipercaya ya, Beauties!

1. Vaksin Covid-19 Dapat Mengubah DNA

Vaksin Covid-19Vaksin Covid-19/ Foto: Freepik.com

Kabar soal vaksin Covid-19 dapat mengubah DNA seseorang benar-benar sempat ramai dan membuat banyak orang enggan untuk vaksin. Hal ini benar-benar kekeliruan! 

Beragam jenis vaksin memang kini telah banyak tersedia, salah satunya vaksin messengerRNA (mRNA). Dibuat dengan teknologi genetik, namun vaksin ini tidak akan memengaruhi DNA seseorang dengan cara dan metode apapun.

2. Kekebalan Tubuh Alami Lebih Baik Dibanding Harus Vaksin

Banyak juga dari mereka yang malas vaksin karena merasa kekebalan tubuh alami lebih baik dibanding harus vaksin. Padahal vaksinasi memiliki peran yang penting, salah satunya membentuk herd immunity.

Setelah vaksinasi, risiko akan bahaya Covid-19 pun akan berkurang. Tapi... walau begitu, jangan lengah dan tetap patuhi prokes ya!

3. Menyebabkan Kemandulan

Pakaian Ganti Ibu HamilKemandulan/ Foto: Freepik.com/prostooleh

Selanjutnya mitos soal kemandulan. Beberapa waktu lalu mitos soal vaksin menyebabkan kemandulan sempat ramai dibicarakan, namun hal ini benar-benar hanya mitos yang haram untuk kamu percaya. Para ahli pun telah mengkonfirmasi jika vaksinasi tidak ada kaitannya dan tidak akan memengaruhi kesuburan seseorang.

Bagaimana, masih terjawab ketakutanmu selama ini? Yuk vaksin!

4. Mengandung Bahan Berbahaya

Selain takut dengan efek sampingnya, banyak orang yang takut untuk melakukan vaksinasi Covid-19 karena kabar adanya kandungan berbahaya dalam vaksin tersebut. Padahal hal ini benar-benar kekeliruan dan mitos belaka.

Sebab, segala hal terkait vaksinasi telah melalui uji klinis ketat untuk memastikan keamanannya. Dosisnya pun sudah dipastikan aman untuk digunakan. Sehingga tidak ada lagi yang perlu ditakuti terkait bahan yang terkandung, karena sudah pasti aman.

5. Tidak Perlu Patuhi Prokes Setelah Vaksin

Cara membuang masker dengan benar - Buang ke tempat sampah/Foto: pexels.com/Polina TankilevitchTidak Patuhi Prokes/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch

Saat sudah melakukan vaksinasi, banyak orang yang mendadak lalai akan kewajibannya untuk menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan Pemerintah. Umumnya mereka merasa sudah kebal akan virus setelah divaksin.

Nyatanya, seseorang bisa saja terpapar Covid-19 saat sudah melakukan dua dosis vaksinasi sekalipun. Maka dari itu, kita perlu untuk tetap mematuhi prokes yang ada. Kalau sehat kan enak, bukan hanya baik untuk kita tapi juga sekeliling kita.

Beauties, itu dia deretan mitos vaksin yang tidak perlu kamu percayai. Tetap jaga kesehatan dan patuhi prokes saja ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id