sign up SIGN UP

Efek Samping Vaksin Covid-19 pada Tubuh Bisa Diminimalisir, Ini Saran dari Dokter

Shinta Nikmah | Jumat, 16 Jul 2021 07:00 WIB
Efek Samping Vaksin Covid-19 pada Tubuh Bisa Diminimalisir, Ini Saran dari Dokter
caption

Vaksin covid-19 yang sudah diberikan kepada masyarakat, belakangan ini ternyata memberikan efek samping yang beraneka ragam. Efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin covid-19 itu sendiri perlu kamu ketahui, memang hal yang normal terjadi, Beauties. 

Lalu mengapa efek samping yang ditimbulkan dari vaksin tersebut dapat berbeda-beda setiap orang?

dr. Niluh Tantri F, seorang dokter umum di salah satu rumah sakit di Solo, yang bertanggung jawab menanggapi keluhan efek samping vaksin covid-19 menjelaskan, bahwa efek yang dirasakan tiap orang bisa berbeda-beda itu tergantung sistem imun yang dimiliki.

Jika seseorang memiliki sistem imun yang bagus, maka efek samping yang didapatkan cukup ringan seperti hanya mengantuk atau pegal di area suntikan. Sementara jika seseorang yang memiliki sistem imun rendah saat disuntik vaksin covid-19, maka efek samping yang ditimbulkan bisa cukup berat. Seperti pegal di seluruh badan, demam, hingga lemas.

Maka dari itu, tenaga medis mewanti-wanti agar masyarakat meningkatkan sistem imun terlebih dahulu, sebelum melakukan vaksinasi. Lantas, apa saja kira-kira yang perlu dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh, agar bisa meminimalisir efek samping setelah disuntik vaksin covid-19?

Kepada Beautynesia, dr. Niluh Tantri F memberikan lima saran berikut ini:

Cukup Istirahat

Sleep well
Istirahat dengan cukup/ Foto: freepik.com

Istirahat yang cukup membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan virus dan bakteri. Sebaliknya, kurang tidur di malam hari bisa membuat sistem imun menurun drastis. 

CNN Indonesia menyebut, bahwa kondisi tidur dapat berpengaruh pada jumlah sel darah putih yang berperan penting dalam kekebalan tubuh seseorang. Perlu diketahui, jika sel darah menurun maka kekebalan tubuh otomatis juga menurun. Maka dari itu, kamu perlu istirahat cukup dengan tidur teratur selama 7 jam atau lebih setiap harinya. 

Perbanyak Minum Air Putih

Drinking water
Minum air putih/ Foto: freepik.com

Air menjadi komponen penting yang menopang jaringan dan organ dalam tubuh. Jika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air, maka organ tubuh tidak bisa bekerja dengan baik sehingga sistem kekebalan tubuh bisa menurun.

Agar kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi, kamu perlu mulai memperbanyak konsumsi air putih sekitar 2 liter per hari. 

Konsumsi Buah

fruits
Buah sehat/ Foto: freepik.com

Buah-buahan menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam buah antara lain vitamin, serat, folat, dan kalium. Beberapa jenis buah juga memiliki banyak kandungan air sehingga bisa membantu menghidrasi tubuh.

Untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C yang tinggi seperti jeruk, kiwi, delima, pepaya, dan semangka. 

Berjemur

Sun bathing
Berjemur di bawah matahari/ Foto: freepik.com

Berjemur menjadi aktivitas yang sering disarankan oleh ahli kesehatan pada saat pandemi ini. Meski tidak bisa membunuh virus corona secara langsung, akan tetapi berjemur efektif untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh.

Berjemur mampu merangsang produksi vitamin D dalam tubuh yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan alami tubuh. Kamu bisa rutin berjemur di pagi hari selama 5-15 menit saja. 

Tetap 6 M

wearing masker
Memakai masker/ Foto: freepik.com

Meski sudah mendapatkan vaksin covid-19, kamu tetap harus menerapkan protokol kesehatan, Beauties. Perlu diingat, meski sudah mendapatkan vaksin, bukan berarti kamu sudah kebal terhadap virus covid-19.

Dikutip dari forum tanya jawab di website resmi penanganan covid-19 (covid19.go.id), disebutkan bahwa vaksin covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan agar tidak tertular atau sakit berat akibat covid-19, dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh.

Intinya, meski sudah mendapat vaksin, kamu tetap berpotensi untuk tertular virus covid-19. Untuk itu, kamu perlu tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 6 M, yakni:

  1. Memakai masker
  2. Mencuci tangan
  3. Mengurangi mobilitas
  4. Menjaga jarak
  5. Menjaga pola makan sehat dan istirahat cukup
  6. Menghindari kerumunan

Nah, itu tadi upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi efek samping vaksin covid-19. Stay safe, Beauties.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id