sign up SIGN UP

LIFE

Obat untuk Beban Hidupmu yang Terasa Semakin Berat

Ayuliy Lestari | Kamis, 10 Dec 2020 23:00 WIB
Obat untuk Beban Hidupmu yang Terasa Semakin Berat
caption

Kita semua tahu bahwa setiap orang memiliki masalah hidup masing-masing, yang terlihat bahagia pun sangat mungkin menyimpan duka. Life is never flat, bahkan sangat mustahil jika seseorang tidak memiliki masalah hidup sama sekali. Meskipun terkadang, pengalaman pahit bisa menyebabkan seseorang mengalami trauma psikis dalam jangka panjang.

Masalah hidup memang bisa memunculkan pikiran-pikiran negatif yang menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah cemas, stress hingga depresi. Agar hal tersebut tidak terjadi, ketika kamu memiliki beban yang terasa berat, cobalah menolong diri sendiri dengan mengurangi luka melalui cara-cara berikut!

Tenangkan Diri dan Terima Keadaan

Mengatasi beban hidup
Sad/freepik.com

Ketika kamu memiliki masalah besar, jangan pernah memutuskan apapun saat kondisimu tidak stabil. Ketika marah atau panik, kamu tidak akan bisa berpikir dengan tenang sehingga salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menenangkan diri.

Cobalah menerima keadaan, jangan menyesali yang telah berlalu. Kamu perlu ingat bahwa dunia selalu berputar, mungkin saat ini kamu sedang terpuruk namun suatu saat akan ada kebahagiaan yang menantimu.

Tanamkan Pikiran Positif

Mengatasi beban hidup
Women/freepik.com

Terkadang ketika kamu memiliki beban atau masalah yang sangat besar, ada rasa takut dan kecewa. Terkadang kamu ingin marah dengan keadaan, namun apakah hal tersebut bisa menjadi solusi?

Kamu perlu menyemangati diri dengan pikiran-pikiran positif agar masalah yang kamu alami terasa sedikit lebih ringan dari yang kamu bayangkan. Sehingga nantinya kamu bisa berpikir lebih jernih dan mencari solusi terbaik.

Meminta Pendapat Orang Lain

Mengatasi beban hidup
Women/pexels.com

Terkadang untuk menyelesaikan sebuah masalah, kamu juga membutuhkan pendapat orang lain. Kamu bisa membicarakan kesulitanmu dengan orang yang bisa dipercaya. Kalaupun tidak menemukan solusi, menceritakan kesedihanmu pada orang lain bisa mengurangi sedikit beban.

Ingat, Ada Hal-hal yang Memang Diluar Kendalimu

Mengatasi beban hidup
Women/freepik.com

Sembari memulihkan diri, kamu perlu belajar merelakan hal-hal yang memang tidak bisa dikendalikan. Karena terkadang kamu sudah berjuang penuh, namun ada saja kendala atau hambatan-hambatan dalam hidup. Kamu hanya perlu menjadikannya pelajaran dan melatih diri agar lebih kuat ke depannya.

Tulis Ketakutanmu Pada Selembar Kertas

Mengatasi beban hidup
Writing/freepik.com

Coba tulis dan urutkan apa saja ketakutanmu pada selembar kertas mulai dari poin 1 dan seterusnya. Terkadang apa yang kamu takutkan belum tentu benar-benar terjadi bahkan ketika kamu menuliskannya, ketakutan-ketakutan itu tidak memenuhi selembar kertas pun atau hanya beberapa poin saja.

Karena sesuatu yang menakutkan ketika dibayangkan terasa mencekam dan membuatmu semakin depresi. Jadi cobalah mengutarakannya ke secarik kertas, nantinya kamu akan merasa lebih lega.

Tetap Jalani Hidup dengan Baik

Mengatasi beban hidup
Relaxing/feeepik.com

Meskipun kamu sedang memiliki masalah, tetap jalani hidupmu dengan baik. Hindari mengurung diri di suatu tempat karena akan membuatmu semakin stres. Tetap melakukan kegiatan-kegiatan yang biasa kamu lakukan, tetap bertemu sahabat, melakukan hobi dan lain-lain.

Bahkan kamu juga perlu melakukan hal-hal baru, seperti mencoba belajar meditasi agar tubuh semakin rileks dan mengurangi stres, mengubah gaya rambut, melakukan spa di salon, menonton film favorit atau kegiatan-kegiatan lain yang memberikan energi positif dan mengubah suasana hati kamu menjadi lebih baik.

Tips-tips di atas adalah pertolongan pertama untuk dirimu ketika memiliki beban yang sangat berat. Tetap semangat dan jadikan bebanmu sebagai pelajaran berharga, Ladies!

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id