sign up SIGN UP

LIFE

Fakta Seputar Ukuran dan Kedalaman Vagina

Lulu Lukyani | Minggu, 30 May 2021 20:30 WIB
Fakta Seputar Ukuran dan Kedalaman Vagina
caption
Jakarta -

Sebagaimana anggota tubuh lainnya, vagina juga memiliki ukuran. Kedalaman vagina wanita bisa bervariasi, layaknya ukuran payudara, lingkar pinggang, dan panjang kaki yang berbeda-beda. Adapun kedalaman vagina wanita diukur dari bukaan vagina hingga ujung serviks yang membuka ke dalam rahim.

Selengkapnya, berikut adalah fakta-fakta seputar ukuran dan kedalaman vagina, dilansir dari Medical News Today.

Ukuran dan kedalaman vagina

Ilustrasi vagina
Ilustrasi vagina/Freepik

Sebuah laporan di BJOG: An International Journal of Obstetrics and Gynecology mengatakan, kedalaman rata-rata vagina adalah 9,6 cm. Namun, kedalaman dan penampilan vagina bisa sangat bervariasi. Faktanya, kedalaman vagina bisa mencapai 17,7 cm. Vagina memiliki bagian luar yang disebut vulva. Vulva, termasuk labia minora dan majora, tampak seperti bibir dari vagina.

Penampilan vulva sangat bervariasi. Labia majora yang merupakan bibir luar, panjangnya antara 7 cm hingga 12 cm. Sementara itu, klitoris berukuran sekitar 5 hingga 35 mm namun akan membengkak ketika seorang wanita terangsang.

Apa yang memengaruhi ukuran vagina?

Ilustrasi vagina
Ilustrasi vagina/Freepik

Ukuran dan kedalaman vagina bisa berubah dalam kondisi tertentu. Pasalnya, vagina dapat meregang saat penyisipan tampon, jari, atau penis. Selama perempuan bergairah, lebih banyak darah yang mengalir ke vagina dan menyebabkan vagina memanjang dan leher rahim sedikit terangkat.

Meski demikian, ketika vagina mengembang selama perempuan bergairah, penis atau mainan seks yang besar masih bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Jika ukuran vagina dapat berubah dalam kondisi tertentu, penampilan vagina tidak akan berubah karena bersifat internal. Namun, labia bisa tampak lebih kecil dari waktu ke waktu karena jumlah estrogen dalam tubuh yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia.

Vagina mungkin tampak berubah warna menjadi lebih terang atau lebih gelap karena perubahan hormonal dari waktu ke waktu. Sementara itu, perempuan yang sudah melahirkan sebenarnya tidak mengalami perubahan penampilan vagina. Penelitian mengatakan, tidak ada perbedaan panjang vagina antara wanita yang sudah melahirkan dan yang belum melahirkan. Jika dirasa ukuran vagina berubah setelah melahirkan, dokter mungkin akan merekomendasikan senam kegel yang melibatkan otot dasar panggul.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id