sign up SIGN UP

LIFE

Gampang dan Fleksibel, Ini Cara Diet Agar Defisit 500 Kalori Setiap Hari

Dian Aprilia | Jumat, 19 Feb 2021 16:30 WIB
Gampang dan Fleksibel, Ini Cara Diet Agar Defisit 500 Kalori Setiap Hari
caption
Jakarta -

Diet dengan melakukan defisit kalori adalah cara menurunkan berat badan dengan mengurangi konsumsi kalori harian. Jumlah pengurangan kalori yang aman adalah 500 kalori setiap hari.  Sebab jika berlebihan bisa membuat tubuh lemas dan berdampak pada aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan rata-rata, wanita berusia 26-50 tahun dan memiliki aktivitas normal akan membutuhkan asupan 2.000 kalori per hari agar berat badan tetap stabil. Jika kamu mengurangi 500 kalori setiap hari, maka berat badan bisa turun sekitar 2 kg setelah 1 bulan.

Berikut beautynesia.id merangkum strategi diet agar bisa defisit 500 kalori setiap hari:

Kurangi Porsi Makanan

Kurangi porsi makan
Kurangi porsi makanan/pexels.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi asupan kalori sebesar 500 kkal setiap hari. Dengan catatan, kamu tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Misalnya kamu terbiasa konsumsi 1.700 kalori per hari, maka jadikan hanya 1200 kalori. Lalu, bakar 1.700 kalori setiap hari. Maka hasilnya akan defisit 500 kalori. 

Diet cara yang pertama ini cocok bagi mereka yang mager olahraga. Namun resiko yang biasa terjadi adalah mudah lemes dan tidak bersemangat. Jika tidak pandai mengatur menu, kamu bisa mengalami defisiensi nutrisi.

Tambah Aktivitas Fisik dan Olahraga

Olahraga
Olahraga/pexels.com

Cara yang kedua adalah menambah jumlah kalori yang dibakar sebesar 500 kkal. Jadi asupan kalori yang masuk setiap hari sama dan tidak dikurangi sama sekali. Namun kegiatan fisik ditingkatkan guna membakar lebih banyak kalori. Jadi perhitungannya, 1700 kalori masuk, 2200 kalori keluar, sehingga defisit 500 kalori.

Bagi mereka yang malas berolahraga, cara kedua ini cukup menantang. Karena membakar 500 kalori per hari bukanlah hal yang mudah. Kamu bisa melakukan olahraga seperti badminton selama 1 jam, lompat tali selama 45 menit, berenang selama 1 jam, jalan cepat selama 90 menit.

Kurangi Makan dan Tambah Aktivitas Fisik

Olahraga
Olahraga/pexels.com

Cara ketiga dilakukan dengan mengombinasikan dua strategi di atas. Jadi kamu perlu mengurangi 200 kalori setiap hari, dan tingkatkan jumlah kalori yang dibakar sebanyak 300 kalori. Jadi perhitungannya, 1.500 kalori masuk, 200 kalori dikeluarkan, jadi defisit sebanyak 500 kalori.  

Caranya cukup mudah, kamu bisa mengganti lauk yang digoreng jadi dikukus atau direbus, lalu mengurangi konsumsi camilan dan minuman manis. Sementara itu untuk olahraga, kamu bisa menambah aktivitas harian seperti naik turun tangga selama 30 menit, berkebun selama 30 menit, jalan santai selama 45 menit, dan lainnya.

Tambah Makan dan Tambah Aktivitas Fisik

Tambah makanan
Tambah makanan/pexels.com

Bagi kamu yang kesulitan untuk mengurangi konsumsi makanan, tak perlu khawatir. Kamu tetap bisa melakukan diet defisit 500 kalori ini kok. Jadi kamu bisa menambahkan asupan kalori yang kamu makan jadi 2000 kalori, lalu dibakar sebanyak 2500 kalori, sehingga bisa defisit 500 kalori.

Cara ini cocok bagi mereka yang malas kurangi makanan, tapi juga getol untuk berolahraga. Bagi kamu yang mager, jangan coba-coba deh cara ini. Cara ini bikin kamu makan dengan bebas, tapi tetap sehat karena seimbang dengan aktivitas fisik.

Itulah 4 strategi diet untuk defisit 500 kalori. Ketahui kelebihan dan kekurangan serta kapasitas tubuhmu agar bisa menentukan strategi yang paling sesuai. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id