sign up SIGN UP

LIFE

Kesalahan ini Sering Dialami Diet Pemula, Apa Saja ya?

Shinta Nikmah | Senin, 15 Feb 2021 20:45 WIB
Kesalahan ini Sering Dialami Diet Pemula, Apa Saja ya?
caption

Diet merupakan pola hidup sehat yang kini sering dilakukan oleh banyak orang. Tujuan diet bermacam-macam, ada yang bertujuan untuk menjaga kesehatan, menurunkan resiko penyakit, dan mengontrol berat badan. Namun tujuan yang paling dicari dari melakukan pola diet adalah untuk menurunkan berat badan. 

Meski banyak yang beranggapan bahwa melakukan diet adalah hal yang berat, namun faktanya diet menjadi cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan olahraga yang dilakukan dengan intensitas yang tinggi. 

Banyak diet pemula yang mengeluh karena merasa dietnya tidak kunjung membuahkan hasil. Nah, jika kamu saat ini sedang memulai diet untuk menurunkan berat badan, maka kamu harus hindari kesalahan-kesalahan ini ya Ladies.

1. Menu Makan Tidak Seimbang

Makanan
Konsumsi Makanan Sehat/ Foto: freepik.com

Ketika diet, otomatis kamu harus mengubah pola konsumsi makanan dan harus menentukan porsi makan yang seimbang. Kamu tidak boleh serta merta menghilangkan karbohidrat dari makanan yang kamu konsumsi, sebab karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh.

Hal yang perlu kamu lakukan dalam menyusun menu makanan ketika diet adalah mengurangi karbohidrat dan menggantinya dengan makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah.

2. Tidak Menambahkan Protein

Protein
Makanan Sumber Protein/ Foto: freepik.com

Kesalahan kedua yang biasa dilakukan oleh diet pemula adalah tidak menambahkan protein pada menu makanan. Ketika kamu mengurangi karbohidrat, kamu harus menggantinya dengan makanan lain yang merupakan sumber energi. Jika kamu mengurangi karbohidrat dan tidak menambahkan protein di menu dietmu, maka kamu akan lemas dan mudah lapar.

Protein merupakan sumber energi yang baik ketika diet. Kamu bisa memilih sumber protein dari hewani ataupun nabati. Kamu bisa mengkonsumsi telur rebus di pagi hari dan mengkonsumsi ikan di siang atau malam hari.

3. Makan Tidak Terjadwal

Meal Plan
Buatlah Meal Plan/ Foto: freepik.com

Diet sangat berkaitan erat dengan kebiasaan, termasuk pola makan setiap hari. Sangat baik apabila kamu memiliki jadwal makan teratur yang tetap di setiap harinya. Jika kamu makan secara tidak terjadwal maka tubuh akan bereaksi dengan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Jika terjadi terus menerus, maka peningkatan kadar gula dalam tubuh bisa memicu penumpukan lemak. Makan tidak teratur juga membuatmu mudah merasa lapar sehingga kamu tidak bisa menahan diri untuk tidak ngemil.

4. Menginginkan Hasil Yang Instant

Instan
Menurunkan Berat Badan Tidak Bisa Instan/ Foto: freepik.com

Menurunkan berat badan butuh proses yang tidak sebentar. Bahkan ada yang sudah diet berminggu-minggu namun berat badan tidak kunjung turun. Kamu hanya perlu bersabar ya Ladies, sebab diet butuh waktu tergantung dengan jenis diet yang kamu lakukan dan berapa besar metabolisme dalam tubuh. 

Lagipula kamu memang tidak disarankan untuk menurunkan berat badan dengan ekstrem di waktu yang singkat. Diet ekstrem bisa membuat tubuh menjadi lemah dan kekurangan nutrisi. Diet ekstrem juga memiliki potensi membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan dengan cepat atau istilahnya adalah diet yoyo.

5. Menimbang Setiap Hari

Menimbang
Menimbang Setiap Hari/ Foto: freepik.com

Seperti yang sudah dijelaskan, kamu harus paham bahwa diet yang sehat tidak bisa menurunkan berat badan dalam waktu sekejap. Untuk itu, kamu tidak perlu terlalu fokus pada angka di timbangan ketika sedang memulai diet.

Jangan sampai kamu menimbang berat badan setiap hari, sebab jika tidak ada progress kamu akan menganggap dietmu gagal dan memutuskan berhenti diet. Timbanglah berat badanmu seminggu sekali di pagi hari setelah buang air kecil atau buang air besar. Akan lebih baik lagi jika kamu selalu menggunakan timbangan yang sama setiap kali menimbang badan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id