sign up SIGN UP

LIFE

Ganggu Penampilan, Ini 5 Cara Mencegah Terjadinya Karang Gigi

tyana | Selasa, 23 Feb 2021 07:00 WIB
Ganggu Penampilan, Ini 5 Cara Mencegah Terjadinya Karang Gigi
Foto: Ilustrasi Tanpa Karang Gigi/freepik.com

Karang gigi atau kalkulus merupakan permasalahan gigi yang terjadi dikarenakan penumpukan plak. Plak ini sendiri merupakan lapisan dari sisa makanan yang tidak dibersihkan.

Banyak orang yang tidak menyadari memiliki karang gigi, dikarenakan permasalahan gigi ini tidak menimbulkan gejala yang jelas. Meskipun begitu, apabila tidak dibersihkan karang gigi dapat menimbulkan masalah seperti bau mulut, gigi tanggal, radang gusi, ataupun gigi rusak. Agar tak terjadi hal tersebut, sebaiknya mulai dari sekarang kita perlu mengetahui cara mencegah karang gigi. 

1. Rutin Sikat Gigi

Cara Mencegah Terjadinya Karang Gigi yang Mengganggu Penampilan
Ilustrasi Menggosok Gigi/Freepik.com

Telah dijelaskan sebelumnya penyebab karang gigi adalah penumpukan makanan yang tidak bersihkan. Untuk mencegah hal ini terjadi kita harus rutin menggosok gigi dengan benar minimal 2 kali sehari agar menghindari menempelnya sisa makanan.

Saat menggosok gigi, pastikan semua bagian gigi terjangkau dengan semua dan tidak melewatkan bagian dalam gigi dan mulut. Disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan sikat gigi dengan bulu yang lembut agar tidak menyebabkan iritasi pada gusi dan mulut.

2. Gunakan Benang Gigi

Cara Mencegah Terjadinya Karang Gigi yang Mengganggu Penampilan
Ilustrasi Menggunakan Benang Gigi/Freepik.com

Selain kita perlu menggosok gigi dengan rutin, kita juga perlu membersihkan gigi dengan menggunakan benang minimal satu kali perhari. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada makanan yang menempel pada sela-sela gigi setelah selesai menggosok gigi. 

3. Gunakan Obat Kumur

Cara Mencegah Terjadinya Karang Gigi yang Mengganggu Penampilan
Ilustrasi Kumur Mulut/Freepik.com

Setelah menggosok dan membersihkan gigi dengan benang gigi, disarankan juga untuk membersihkan mulut dengan obat kumur agar membasmi bakteri penyebab karang gigi. Saat memilih obat kumur pilihan yang tidak mengandung alkohol untuk menghindari iritasi pada gigi dan mulut serta merusak gigi. Pilihlah yang mengandung minyak esensial yang lebih lembut untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

4. Kurangi Konsumsi Gula

Cara Mencegah Terjadinya Karang Gigi yang Mengganggu Penampilan
Ilustrasi Mengkonsumsi Kue/Freepik.com

Penyebab karang gigi sering terjadi dikarenakan konsumsi makanan manis berlebihan. Bakteri penyebab karang gigi lebih cepat berkembang pada makanan manis seperti permen, cokelat ataupun kue.

Oleh karena itu untuk menghindari hal ini kurangi konsumsi makanan manis dan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah da sayuran. Apabila menyukai makanan manis, lebih baik menggosok gigi setelah mengonsumsinya agar bakteri tidak cepat berkembang.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Cara Mencegah Terjadinya Karang Gigi yang Mengganggu Penampilan
Ilustrasi Konsumsi Air Putih/Freepik.com

Kamu pasti tahu mengonsumsi air putih dengan cukup memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk mulut dan gigi. Mengonsumsi air putih dapat membantu mengangkat bakteri dan kotoran penyebab karang gigi. Tak hanya itu mengonsumsi air putih dengan cukup juga menghindari kita dari dehidrasi dan juga mulut kering yang dapat menyebabkan iritasi pada gusi dan kerusakan gigi. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id