sign up SIGN UP

LIFE

Hati-hati, Ini Penyebab Miss V Gatal dan Cara Mengatasinya

Dian Aprilia | Minggu, 21 Feb 2021 18:00 WIB
Hati-hati, Ini Penyebab Miss V Gatal dan Cara Mengatasinya
caption
Jakarta -

Vagina gatal adalah kondisi yang normal dialami setiap wanita dan biasanya tidak berbahaya. Meski begitu, hal ini seringkali membuat wanita merasa tidak nyaman sehingga berpengaruh pada aktivitas sehari-hari.

Bahkan di beberapa kasus, gatal di vagina bisa bertambah parah, sering kambuh serta disertai dengan gejala lain yang berbahaya. Oleh sebab itu, jika kamu mengalaminya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar segera bisa ditangani.

Penyebab Miss V Gatal

Ilustrasi vagina gatal
Ilustrasi vagina gatal/pexels.com

1. Infeksi Jamur

Infeksi jamur atau kandidiasis vagina bisa menyebabkan vagina gatal. Kondisi tersebut biasanya dialami oleh wanita yang memiliki daya tahan tubuh lemah, wanita hamil, konsumsi antibiotik, dan aktif berhubungan seksual.

Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal, seperti halnya salah memilih celana dalam, adanya riwayat penyakit diabetes, konsumsi antibiotik, kehamilan atau penggunaan produk pembersih vagina.

2. Iritasi Vagina

Vagina gatal juga bisa disebabkan oleh iritasi. iritasi membuat kulit vagina mengalami reaksi alergi sehingga terasa gatal. Hal ini bisa disebabkan karena salah pilih sabun mandi, sabun pembersih vagina, pelumas vagina dan lainnya.

3. Penyakit Menular Seksual

Selain itu kamu juga perlu berhati-hati, sebab vagina gatal juga bisa disebabkan karena penyakit infeksi menular seksual. Biasanya diikuti dengan gejala munculnya keputihan berwarna hijau atau kuning, bintil pada kemaluan dan juga sakit saat buang air kecil.

Hal ini bisa dialami wanita jika sering melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom dan sering bergonta-ganti pasangan.

4. Stres

Stres
Stres/pexels.com

Stres ini memang menjadi penyebab berbagai macam penyakit, termasuk vagina gatal. Sebab saat mengalami stres, kekebalan tubuh jadi menurun dan membuat vagina mudah terserang infeksi termasuk infeksi bakteri dan jamur.

Cara Mengatasi Miss V Gatal

Ilustrasi
Ilustrasi/pexels.com

Cara paling ampuh untuk menangani miss V gatal adalah dengan mengatasi penyebabnya. Oleh sebab itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika mengalaminya. Namun kamu juga bisa melakukan berbagai treatment mudah untuk meredakan gatal yang diakibatkannya dengan langkah di bawah ini:

  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun dan rutin menggantinya
  • Mandi dengan air hangat selama 10 menit
  • Konsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt
  • Hindari menggunakan pembalut, pantyliner atau sabun organ intim yang mengadung pewangi
  • Hindari menggaruk vagina meskipun terasa gatal
  • Gunakan celana atau rok yang nyaman dan tak terlalu ketat

Nah, untuk itu penting bagi wanita untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri agar tidak mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk vagina.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id