sign up SIGN UP

LIFE

Hati-Hati! Sering Menahan Buang Air Kecil Bisa Akibatkan 4 Penyakit Ini

Lifia Mawaddah Putri | Selasa, 13 Oct 2020 15:30 WIB
Hati-Hati! Sering Menahan Buang Air Kecil Bisa Akibatkan 4 Penyakit Ini
caption
Jakarta -

Sebagian orang terkadang terlalu sibuk atau malas pergi ke toilet saat sedang ingin buang air kecil. Alhasil, mereka pun lebih memilih untuk menahannya dibanding langsung membuangnya. Padahal jika hal ini menjadi kebiasaan, justru akan menimbulkan risiko timbulnya penyakit-penyakit yang serius lho! Apa saja penyakit yang dapat menyerang kita jika sering menahan buang air kecil terlalu lama?

Infeksi Saluran Kemih

Penyakit yang satu ini adalah yang paling umum dialami jika menahan buang air kecil terlalu lama. Sebab dalam beberapa kasus, menahan buang air kecil dapat menyebabkan bakteri berkembang biak.
Menahan Buang Air Kecil/freepik.com

Penyakit yang satu ini adalah yang paling umum dialami jika menahan buang air kecil terlalu lama. Sebab dalam beberapa kasus, menahan buang air kecil dapat menyebabkan bakteri berkembang biak. Gejala yang dirasakan oleh seseorang yang mengalami infeksi saluran kemih misalnya seperti sensasi terbakar atau menyengat saat buang air kecil, nyeri panggul atau perut bagian bawah serta dorongan konstan untuk mengosongkan kandung kemih. Kemudian urin juga akan cenderung berbau pekat, keruh, atau justru mengeluarkan darah.


Peregangan Kandung Kemih

Selain infeksi kandung kemih, kamu juga bisa berisiko mengalami peregangan kandung kemih. Jika hal ini sampai terjadi, tindakan tambahan seperti penggunaan kateter pun mungkin dibutuhkan.
Menahan Buang Air Kecil/freepik.com

Selain infeksi kandung kemih, kamu juga bisa berisiko mengalami peregangan kandung kemih. Jika hal ini sampai terjadi, tindakan tambahan seperti penggunaan kateter pun mungkin dibutuhkan. Komplikasi yang paling umum dari kandung kemih yang meregang adalah sulit menahan urin lebih lama dari biasanya. Jadi, jangan biasakan diri untuk menahan urin ya, Beautynesian.

Retesi Urin

Kebiasaan menahan buang air kecil juga dapat menimbulkan retesi urin. Namun orang awam sering mengartikan hal ini sebagai anyang-anyangan.
Menahan Buang Air Kecil/freepik.com

Kebiasaan menahan buang air kecil juga dapat menimbulkan retesi urin. Namun orang awam sering mengartikan hal ini sebagai anyang-anyangan. Retesi urin adalah kondisi dimana kandung kemih tidak dapat mengosongkan diri sepenuhnya. Hal ini dikarenakan tersumbatnya aliran urin yang bebas melalui kandung kemih atau uretra.

Batu Ginjal

 

Jika memiliki riwayat penyakit ini, maka kamu akan lebih berisiko mengalami batu ginjal. Orang yang memiliki kandungan mineral tinggi di urin mereka pun juga bisa mengalami hal ini.
Menahan Buang Air Kecil/freepik.com

Sebab, urin sering mengandung mineral seperti asam urat dan kalsium oksalat. Jadi jika ditahan, kandungan ini akan kembali ke atas dan membentuk batu ginjal. Meskipun biasanya berasal dari ginjal, namun batu ginjal mampu berkembang di mana saja sepanjang saluran kemih seperti ureter dan kandung kemih.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id