sign up SIGN UP

LIFE

Manfaat Minum Air Hangat, Yuk Jadikan Kebiasaan

Anisalestari | Selasa, 15 Sep 2020 23:00 WIB
Manfaat Minum Air Hangat, Yuk Jadikan Kebiasaan
Manfaat Minum Air Hangat/ Foto: Freepik.com

Untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, manusia membutuhkan asupan air putih minimal delapan gelas sehari. Kebanyakan orang lebih senang minum air dingin daripada air hangat.

Itu mungkin karena lebih terasa menyegarkan. Tapi, sebenarnya minum air hangat secara rutin memiliki lebih banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho, Ladies.

Yuk, simak informasinya di bawah ini!


Dapat Melancarkan Pencernaan 

Minum segelas air putih hangat di pagi hari dapat membantu melancarkan pencernaan
Membantu Melancarkan Pencernaan/ Foto: Freepik.com

Manfaat minum air hangat yang pertama ialah dapat melancarkan pencernaan. Air hangat dapat mengaktivasi saluran pencernaan.

Itu membuat organ pencernaan dapat terhidrasi dengan baik. Jadi, tubuh mampu mengeliminasi sampah lebih cepat seiring dengan mengalirnya air hangat di dalam organ pencernaan. 

Mengatasi Konstipasi 

Konstipasi menjadi masalah yang sering dialami atasi dengan minum air hangat
Membantu Mengatasi Konstipasi/ Foto: Freepik.com

Konstipasi atau perut terasa melilit, kembung, penuh, dan mulas, namun sulit untuk buang air besar dapat membuat kamu merasa tidak nyaman. Konstipasi disebabkan karena adanya penumpukan kotoran pada usus sehingga mengurangi kerja saluran usus besar.

Mimunlah segelas air hangat untuk mengatasinya, Ladies. Air hangat dapat membantu kerja usus sehingga dapat membantu mengeluarkan kotoran di dalam tubuh.

 Membantu Menurunkan Berat Badan 

Tak hanya membuat pencernaan lebih lancar minum air hangat pun dapat membantu menurunkan berat badan
Membantu Menurunkan Berat Badan/Foto: Freepik.com

Manfaat minum air hangat selanjutnya ialah membantu menurunkan berat badan. Air hangat dapat membuat tubuh menurunkan suhu internal dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Tubuh pun dapat membakar lebih banyak kalori sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Meningkatkan Sirkulasi Darah 

Minum air putih secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah
Meningkatkan Sirkulasi Darah/ Foto: Freepik.com

Sama seperti saat mandi air hangat, manfaat minum air hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Minum air hangat membuat sistem endokrin di dalam tubuh teraktivasi dan membantu membuang racun yang ada di seluruh tubuh melalui keringat. Itu juga membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. 

Mengurangi Sakit Menstruasi

Sakit perut saat menstuasi dapat diatasi dengan minum air hangat
Mengurangi Sakit Menstruasi/ Foto: Freepik.com

Terakhir, manfaat dari minum air hangat adalah dapat membantu mengurangi kram perut saat sedang menstruasi. Air hangat dapat memberikan efek yang menenangkan dan membuat otot perut menjadi lebih lega. Rasa kram pada perut yang biasa dialami oleh para wanita saat sedang datang bulan dapat berkurang dengan minum air hangat.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id