sign up SIGN UP

Hidup Jadi Hangat dan Sehat, Ini Manfaat Pelukan

Anisalestari | Rabu, 30 Sep 2020 10:45 WIB
Hidup Jadi Hangat dan Sehat, Ini Manfaat Pelukan
caption

Bukan hanya adegan romantis bersama pasangan saja, berpelukan juga dapat dilakukan dengan orang-orang terdekat. Misalnya, bersama orang tua, anak, saudara hingga teman. 

Berpelukan dengan orang terdekat merupakan satu momen yang damai dan menghangatkan. Berpelukan sendiri memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan fisik dan psikologis lho, Ladies.

Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Ampuh Meredakan Stres 

Stres dapat diredakan dengan pelukan
Ampuh Meredakan Stres/ Foto: Freepik.com

Manfaat pelukan yang pertama adalah dapat meredakan stres. Hal ini memang sudah dipercaya banyak orang sejak dulu. Manfaat ini akan dirasakan oleh orang yang dipeluk maupun memeluk.

Saat pelukan, hormon kortisol yang menjadi penyebab stres akan terkontrol dan secara otomatis dapat menurun. Selain itu, pelukan sehat juga dapat membantu mengurangi rasa tegang. 

Membantu Mengurangi Kecemasan 

Pelukan sehat dapat mengurangi rasa cemas pada seseorang
Membantu Mengurangi Kecemasan/Foto: Freepik.com

Di dalam tubuh terdapat hormon oksitosin yang berhubungan dengan kebahagiaan. Jadi, manfaat pelukan selanjutnya adalah dapat meningkatkan kadar hormon oksitosin di dalam tubuh yang ujungnya meredakan stres.

Pelukan sehat dapat mengurangi kecemasan pada seseorang. Bahkan jika kamu memeluk benda mati seperti guling dan boneka, itu pun dapat mengurangi rasa takut, lho.

Dapat Memberikan Rasa Aman dan Nyaman 

Dengan berpelukan dapat memberikan rasa aman dan nyaman
Dapat Memberi Rasa Aman dan Nyaman/Foto; Freepik.com

Saat seseorang dalam kondisi sedih, takut, kesal, dan kecewa, pelukan sehat dapat memberi rasa aman dan nyaman. Pelukan dapat membantu orang yang dipeluk bangkit dari keterpurukan dan menunjukkan sebuah kepedulian.

Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Kesehatan jantung dapat meningkat dengan pelukan sehat
Meningkatkan Kesehatan Jantung/Foto: Freepik.com

Pelukan sehat mempunyai efek yang sama seperti berolahraga untuk kesehatan jantung. Pelukan dapat membuat tekanan darah menjadi lebih terkontrol dan menjaga irama jantung tetap normal. Hal ini berhubungan dengan berkurangnya tingkat stres dan kecemasan akibat turunnya hormon kortisol di dalam tubuh. 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

pelukan sehat dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh/Foto: Freepik.com

Terakhir, manfaat dari pelukan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kebanyakan penyakit dipicu oleh stres, dan pelukan sehat ampuh untuk meredakan stres sehingga tubuh bisa jadi jauh lebih sehat, Ladies.

Selain itu, tekanan yang lembut pada tulang dada dan emosi dapat mengaktifkan Solar Plexus Chakra. Dan selanjutnya memicu thymus gland, yaitu kelenjar yang akan mengatur keseimbangan tubuh untuk memproduksi sel darah putih sehingga kesehatan tubuh terjaga dan bebas dari penyakit.

Yuk, makin sering berpelukan Ladies

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id