sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Mengapa Anak Cemburu Saat Melihat Ayah dan Ibunya Berdekatan?

Rumaysha Milhania | Kamis, 17 Sep 2020 07:30 WIB
Mengapa Anak Cemburu Saat Melihat Ayah dan Ibunya Berdekatan?
Anak Cemburu/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Tidak bisa dipungkiri, kedekatan anak dengan orangtua dan ikatan emosionalnya memang sangatlah penting. Namun, bagaimana jika anak merasa cemburu dan kesal ketika orangtuanya saling menunjukkan kasih sayang?

Meskipun kecemburuan dapat dirasakan pada anak-anak sejak dini, tanda-tanda kecemburuan yang signifikan akan terlihat saat anak mencapai usia 2 atau 3 tahun.
Anak Cemburu/ Sumber: Freepik.com

Meskipun banyak sekali orangtua yang mengalami hal ini dan terkesan biasa terjadi, ini bukanlah hal yang wajar dan bisa dibiarkan begitu saja. Meskipun kecemburuan dapat dirasakan pada anak-anak sejak dini, tanda-tanda kecemburuan yang signifikan akan terlihat saat anak mencapai usia 2 atau 3 tahun. Biasanya anak akan marah dan kesal saat melihat ibu dan ayahnya saling berpelukan, bergandengan tangan, atau berdekatan saling memberi perhatian. Apa sebenarnya yang membuat anak bereaksi kesal dan cemburu?


Mengapa Anak Marah?

Kemarahan anak saat melihat orangtuanya bermesraan disebabkan oleh keterikatan pada salah satu orangtua. Hal ini menandakan bahwa anak lebih menyukai atau menyayangi salah satu orangtua dibandingkan dengan orangtua lainnya. Itulah sebabnya ia akan merasa memiliki satu orangtua itu dan tidak ingin ia memberikan kasih sayang pada orang lain.

Selain itu, kemarahan anak juga menjadi tanda yang mengindikasi bahwa ia merasa diabaikan oleh orangtuanya. Jika anak mulai menangis begitu orangtuanya saling mencium atau memeluk satu sama lain, itu artinya ia ingin lebih diperhatikan.

Kemarahan anak saat melihat orangtuanya bermesraan disebabkan oleh keterikatan pada salah satu orangtua.
Anak Marah/ Sumber: Freepik.com

Lalu, apa yang harus dilakukan orangtua?

Jangan anggap kemarahan dan kecemburuan anak sebagai lelucon. Sebelum meninggalkan pasanganmu dan memeluk si kecil, pastikan kamu tahu bahwa ada yang tidak tepat dengan kemarahan dan kecemburuan anak. Kebanyakan orang tua membuat kesalahan dengan menyerah ketika anak-anak mereka memprotes apa pun yang mereka lakukan.

Salah satu sikap yang direkomendasikan untuk dilakukan adalah dengan mengajak anak untuk ikut berpelukan dan bergandengan bersama. Katakan bahwa kamu mencintainya begitu pula dengan ayahnya. Sebagai keluarga, ayah dan ibu akan saling mencintai dan juga mencintai dirinya. 

Salah satu sikap yang direkomendasikan untuk dilakukan adalah dengan mengajak anak untuk ikut berpelukan dan bergandengan bersama.
Anak Cemburu/ Sumber: Freepik.com

Kenali juga apa penyebab anak menjadi cemburu. Jika itu terjadi karena kedekatan anak yang berlebih pada satu pihak, pastikan untuk menyiapkan waktu luang untuk anak membangun kedekatan yang juga baik dengan orangtua lainnya. Dengan begitu, tidak ada kecenderungan anak untuk menyayangi salah satu orangtua daripada yang lainnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id