sign up SIGN UP

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Pandan Ampuh Atasi Bau Badan, Ternyata Aromanya Serupa Popcorn!

Ghena Oktafira | Rabu, 24 Nov 2021 14:00 WIB
Ini Alasan Ilmiah Kenapa Pandan Ampuh Atasi Bau Badan, Ternyata Aromanya Serupa Popcorn!
Pandan berkhasiat hilangkan bau badan/Foto: Unsplash.com

Sudah tidak perlu diragukan lagi kepopuleran daun pandan dalam hal menambah aroma harum pada masakan. Wanginya yang khas menjadikan tanaman yang juga dikenal dengan nama ilmiah Pandanus amaryllifolius ini nggak hanya digemari dalam dunia perkulineran, tetapi juga dielu-elukan di dunia kecantikan.

Masih dalam konteks wewangian, air rebusan daun pandan diketahui sangat manjur untuk menghilangkan bau badan tak sedap. Namun, walaupun khasiatnya sudah dikenal oleh masyarakat luas, masih sedikit sekali yang mengetahui alasan ilmiah mengapa daun pandan bisa sangat efektif dalam mengatasi permasalahan bau.

Lantas, mengapa daun pandan ampuh dalam atasi bau tak sedap? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Mengandung Senyawa Kimia AP

Pandan tuk atasi bau badan
Senyawa kimia 2-acetyl-1-pyrroline/Foto: pubchem.ncbi.mlm.nih.gov

Semua jenis tetumbuhan dengan wangi yang khas umumnya memiliki kandungan senyawa kimia AP di dalamnya. Senyawa AP yaitu 2-acetyl-1-pyrroline, merupakan senyawa aromatik turunan dari kelompok asam amino fenilalanin. Diketahui, ternyata fenilalanin termasuk ke dalam jenis asam amino esensial yang nggak hanya harum, tetapi juga berfungsi untuk membantu kerja sistem saraf di otak.

Pandan tuk atasi bau badan
Aroma dasar pandan serupa popcorn/Foto: Pixabay.com

Selain terdapat di dalam pandan, senyawa 2-acetyl-1-pyrroline atau yang juga sering disebut ACPY ini ditemukan juga di dalam bunga melati, beras basmati serta tumbuhan lainnya yang beraroma khas. Umumnya aroma yang dihasilkan senyawa ini dideskripsikan menyerupai wangi popcorn dengan taburan butter cair dan karamel yang terasa manis. Menarik banget ya, Beauties?

Penyempurnaan Aroma oleh 3-Hexanol

Pandan tuk atasi bau badan
Komponen senyawa 3-Hexanol/Foto: pubchem.ncbi.mlm.nih.gov

Walaupun sudah mengandung senyawa aromatik 2-acetyl-1-pyrroline atau ACPY sebagai aroma dasarnya, ternyata ini belum cukup untuk membuat aroma pandan terasa harum seperti yang selama ini kita ketahui. Ada satu lagi  senyawa kimia yang membantu memperkuat aroma pandan dan menyempurnakannya.

Senyawa tersebut ialah 3-hexanol. Senyawa ini memiliki nama lain Ethyl Propyl Carbinol yang secara alami ada di dalam tumbuhan sebagai pencipta aroma dan cita rasa. Dalam dunia kuliner, hasil ekstraksi senyawa ini dimanfaatkan untuk menambahkan rasa pada makanan atau minuman.

Segelas Air Rebusan Pandan untuk Atasi Bau Badan

Pandan tuk atasi bau badan
Segelas air pandan/Foto: Unsplash.com

Wah, ternyata khasiat daun pandan wangi dalam menghilangkan bau badan bukan sekedar omongan belaka ya, Beauties. Terdapat senyawa-senyawa kimia aromatik yang memang berfungsi untuk menciptakan aroma harum yang khas pada tumbuhan tropis ini.

Oleh karena itu, bagi kamu yang bermasalah terhadap bau badan, coba deh rutin meminum rebusan air daun pandan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Dijamin bau badan akan hilang dan kamu pun merasa percaya diri kembali!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id