sign up SIGN UP

LIFE

Ini Cara Benar Membersihkan Telinga, Jangan Sampai Salah, Ya!

Anisalestari | Jumat, 09 Oct 2020 11:45 WIB
Ini Cara Benar Membersihkan Telinga, Jangan Sampai Salah, Ya!
caption

Dalam kondisi normal, telinga dapat bersih dengan sendirinya tanpa harus melakukan perawatan ekstra. Meski begitu kamu tetap perlu membuang kotoran di bagian luar saluran telinga.

Untuk membersihkan telinga, kamu tidak boleh sembarangan, Ladies. Jika tidak hati-hati, proses membersihkan telinga bisa melukai telinga itu sendiri.

Di bawah ini beberapa cara membersihkan telinga yang wajib kamu ketahui. Yuk, simak!

Jangan Menggunakan Cotton Bud 

Ternyata penggunaan cutton bud untuk membersihkan telinga sangat tidak disarankan
Jangan gunakan cotton bud/ Foto: Freepik.com

Membersihkan telinga menggunakan cotton bud sudah umum dilakukan. Namun, ternyata membersihkan telinga dengan cara ini tidak disarankan, Ladies

Pemakaian cotton bud berisiko membuat kotoran malah semakin masuk ke dalam saluran telinga. Hal ini dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan mengganggu pendengaran. 

Hindari Penggunaan Ear Candle 

Hindari penggunaan ear candle untuk membersihkan telinga
Hindari Penggunaan Ear Candle/ Foto: Freepik.com

Hindari penggunaan ear candle untuk membersihkan telinga karena cara ini terbukti tidak efektif membersihkan kotoran telinga. Bahkan cara ini sangat berbahaya untuk kesehatan telinga karena berisiko membuat telinga cedera seperti terbakar dan menyumbat saluran telinga. 

Gunakan Kain Lembap

Gunakan kain lembap untuk membersihkan telinga
Gunakan Kain Lembap/ Foto: Freepik.com

Basahi kain atau handuk dengan air hangat untuk membersihkan telinga. Peras kain atau handuk hingga tidak ada lagi air yang menetes. Setelah itu gunakan kain basah tersebut untuk membersihkan telinga pada bagian luar. Ingat ya, jangan memasukkan benda apapun ke saluran telinga bagian dalam. 

Gunakan Obat Tetes Telinga 

Gunakan tetes telinga untuk membersihkan kotoran telinga
Obat Tetes Telinga/ Foto: Freepik.com

Untuk membersihkan telinga, kamu juga dapat menggunakan obat tetes telinga, Ladies. Obat tetes telinga ini akan melunakkan gumpalan kotoran sehingga mudah dikeluarkan.

Selain menggunakan obat tetes telinga, kamu juga bisa menggunakan baby oil dan minyak mineral. Ulangi proses ini selama beberapa kali hingga seluruh kotoran telinga keluar. 

Pergi ke Dokter THT 

Apabila kotoran telinga sulit untuk dibersihkan segera pergi ke dokter THT
Pergi ke Dokter THT/Foto: Freepik.com

Apabila sudah melakukan cara untuk membersihkan telinga sendiri di rumah, namun kotoran telinga tidak berkurang, pergilah ke dokter THT, Ladies. Biasanya dokter akan mengeluarkan kotoran telinga dengan menggunakan alat sedot khusus yang aman untuk kesehatan telinga.

Semoga bermanfaat!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id