sign up SIGN UP

LIFE

Jarang Diminati, Padahal Lompat Tali Banyak Manfaatnya Lho!

Astari Dewi Larasati | Minggu, 04 Apr 2021 20:45 WIB
Jarang Diminati, Padahal Lompat Tali Banyak Manfaatnya Lho!
caption

Melakukan olahraga lompat tali pasti akan membawa kalian nostalgia ketika masih kecil. Olahraga ini termasuk sederhana tapi memiliki banyak manfaat lho. Bahkan beberapa petinju profesional biasanya melakukan lompat tali terlebih dahulu untuk melakukan pemanasan. Coba yuk masukan lompat tali ke dalam rutinitas workout dan rasakan manfaatnya.

Meningkatkan kesehatan tulang

Latihan menahan beban atau latihan yang akan memberikan beban pada kerangka.
Freepik.com

Lompat tali adalah latihan menahan beban atau latihan yang akan memberikan beban pada kerangka. Oleh karena itu, bisa bermanfaat meningkatkan kesehatan tulang. Bagi orang dewasa, lompat tali bisa menjaga kepadatan tulang, sedangkan untuk anak-anak bisa membantu perkembangan tulang. Bahkan bagi wanita dewasa bisa menyehatkan tulang pascamenopause. Jadi manfaatnya bisa dirasakan oleh berbagai kalangan usia.

Mencegah cedera

Lompat tali memperkuat semua otot yang menopangnya.
Free

Semakin kuat tulang maka akan semakin sulit pula untuk cedera. Misalnya penderita osteoporosis bisa mudah patah tulang setelah terjatuh, namun setelah melakukan lompat tali bisa mengecilkan kemungkinan tersebut. Hal ini dikarenakan lompat tali memperkuat semua otot yang menopangnya. Selain itu, membangun stabilitas dan mobilitas sendi pergelangan kaki.

Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Keseimbangan juga bisa ditingkatkan karena perlu fokus.
Freepik.com

Koordinasi adalah kunci sukses lompat tali khususnya antara tangan, kaki, dan mata. Jadi latihan berulang kali dapat meningkatkan koordinasi tubuh secara keseluruhan. Selain itu, keseimbangan juga bisa ditingkatkan karena perlu fokus. Mulailah dengan perlahan dan bisa meningkatkan kecepatan setelah beberapa menit.

Menemukan ritme

Meningkatkan kecepatan dan ritme dalam waktu singkat terutama ketika sudah terbiasa.
Freepik.com

Timing adalah komponen besar dalam lompat tali. Hal ini akan meningkatkan kecepatan dan ritme dalam waktu singkat terutama ketika sudah terbiasa. High knees, double under, criss cross, dan double side swipe adalah beberapa trik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan olahraga lompat tali.

Mengecilkan betis

Meningkatkan elastisitas tendon dan fasia (jaringan ikat) yang mengelilinginya sehingga menyimpan energi lebih baik.
Freepik.com

Selain menyenangkan ketika dilakukan, lompat tali berfungsi untuk membangun otot betis. Ini membantu meningkatkan elastisitas tendon dan fasia (jaringan ikat) yang mengelilinginya sehingga menyimpan energi lebih baik. Sangat cocok bagi wanita yang merasa tidak percaya diri karena ukuran betisnya yang besar.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id