sign up SIGN UP

LIFE

Kelebihan dan Kekurangan Berhenti Pakai Bra

Anisalestari | Rabu, 24 Jun 2020 23:00 WIB
Kelebihan dan Kekurangan Berhenti Pakai Bra
caption

Berhenti menggunakan bra punya kelebihan dan kekurangan lho, Ladies. Apa saja?

Kelebihan Berhenti Pakai Bra

sebagian besar wanita memilih berhenti mengenakan bra demi kesehatan dan kenyamanan
Kelebihan Berhenti Pakai Bra/ Foto: Freepik.com

Beberapa wanita merasa lega ketika berhenti gunakan bra, terutama saat tidur karena memberikan perasaan nyaman. Berikut beberapa kelebihan berhenti gunakan bra yang perlu kamu ketahui:

1. Sirkulasi darah lebih lancar

Berhenti menggunakan bra dapat melancarkan sirkulasi darah. Hal ini terjadi karena pembuluh darah pada area dada tidak terhalang oleh bra yang dipakai. Hal ini sangat bermanfaat untuk membangun jaringan otot dan mengencangkan kulit.


2. Lebih nyaman

Tidak pakai bra memberikan perasaan nyaman karena payudara memiliki kesempatan untuk bernapas. Tanpa bra juga tidak ada lagi tekanan dari tali bra yang mengekang dada.

3. Membuat tidur lebih berkualitas

Tidak pakai bra saat tidur memang dianjurkan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan ketika tidur sehingga tidur pun menjadi lebih berkualitas. Saat tidak pakai bra tidak ada tekanan di dada sehingga pernapasan menjadi lebih lancar.

4. Membuat payudara lebih kuat

Berhenti menggunakan bra ternyata membuat payudara lebih kuat. Dalam studinya, Profesor Jean-Denis Rouillon yang seorang Spesialis Kedokteran Olahraga di Rumah Sakit Universitas Besancon menyarankan untuk berhenti gunakan bra. Menurutnya menggunakan bra dapat membuat otot-otot dada melemah. Sebaliknya saat tidak pakai bra, jaringan payudara tumbuh sehingga payudara menjadi lebih kuat.

5. Terhindar dari gangguan kulit

Kelebihan berhenti menggunakan bra selanjutnya adalah terhindar dari gangguan kulit. Pasalnya, bagian tubuh yang tertutup bra sering menimbulkan iritasi, gatal atau ruam terutama saat tubuh sedang berkeringat.

Kekurangan Berhenti Pakai Bra

Meski memiliki beberapa manfaat hentikan gunakan bra memiliki kekurangan yaitu membuat payudara dan punggung terasa sakit
Kekurangan Tidak Pakai Bra/ Foto: Freepik.com

Meski ada beberapa keuntungan saat berhenti gunakan bra, namun juga ada beberapa kekurangan, yaitu:

1. Payudara terasa sakit

Meski melepas bra dapat membuat nyaman, namun berhenti menggunakan bra juga dapat membuat payudara terasa sakit karena guncangan terutama saat berolahraga atau mengendarai kendaraan. Saat melakukan banyak gerakan, payudara akan bergerak ke atas dan ke bawah sehingga terasa sakit. Jadi ketika sedang berolahraga, disarankan untuk tetap menggunakan bra.

2. Sakit punggung

Tidak pakai bra juga akan berisiko meningkatkan sakit punggung, terutama bagi wanita yang memiliki payudara besar. Bra berfungsi membantu mengangkat beban tersebut. Maka ketika tidak menggunakan bra, punggung menjadi lelah sehingga terasa sakit. Dalam jangka waktu yang lama, tidak mengenakan bra dapat berakibat postur tubuh memburuk.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id