sign up SIGN UP

LIFE

Kenali Penyakit Lupus, Salah Satu Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Anak dan Remaja

Cynthia Claudia | Kamis, 22 Jul 2021 08:00 WIB
Kenali Penyakit Lupus, Salah Satu Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Anak dan Remaja
Penyakit Lupus/ Foto: Pexels/ Matheus Bertelli

Lupus merupakan sebuah penyakit autoimun yang biasanya menimbulkan peradangan di luar tubuh dan organ di dalam tubuh. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh kita akan dengan sendirinya memproduksi antibodi untuk melawan bakteri dan virus. Namun, seseorang dengan penyakit lupus tidak mempunyai sistem kekebalan imun layaknya seperti orang normal. Sistem kekebalan imun ini nggak bisa membedakan antara sel sehat ataupun sel berbahaya yang merupakan bakteri atau virus, sehingga antibodinya bun bisa menyerang sel-sel sehat di dalam tubuh.

Sering Menyerang Anak dan Remaja

Ilustrasi anak-anak
Ilustrasi anak-anak/ Foto: Pexels/ Ketut Subiyanto

Dilansir dari Children’s Hospital of Philadelphia, ada sejumlah 25,000 anak-anak dan remaja yang menderita penyakit lupus. Penyakit ini dikenal rentan menyerang anak-anak dengan usia 15 tahun. Penyebab penyakit lupus pada anak-anak juga masih belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor seperti riwayat keluarga dan lingkungan yang dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit lupus.

Lupus bisa menimbulkan peradangan di kulit maupun persendian. Tidak hanya itu, lupus juga dapat menyerang organ kita seperti paru-paru, jantung, ginjal, termasuk darah. Namun, gejala yang diderita oleh masing-masing orang berbeda karena organ tubuh yang diserang juga tidak sama pada setiap orang.

Gejala Lupus

Penyakit Lupus
Penyakit Lupus/ Foto: Pexels/Cottonbro

Jika seseorang terserang lupus pada kulitnya, maka akan segera muncul warna kemerahan layaknya seperti terinfeksi dan berbentuk kupu-kupu. Gejala lupus kemerahan ini normalnya muncul di pipi bagian depan dan hidung. Ketika kalian mengalami gejala yang semakin parah, disarankan segera berkonsultasi dengan dokter karena kemungkinan besar adalah penyakit lupus.

Gejala lupus yang dialami anak-anak dan remaja bisa dibilang hampir sama dengan penyakit lain pada umumnya sehingga lupus disebut sebagai penyakit peniru. Gejala mereka yang menderita lupus sering hilang dan timbul sehingga sering dikira mereka sudah sembuh, padahal sebenarnya belum sembuh total.

Penyakit Lupus
Penyakit Lupus/ Foto: Pexels/Cottonbro

Dilansir dari HelloSehat,  Lupus yang diderita anak-anak dan remaja yang tergolong masih ringan dan belum menyerang organ tubuh pada dasarnya memiliki gejala berikut:

  • Demam di atas 37 derajat 
  • Berat badan mulai menurun
  • Tubuh sering merasa lelah dan tidak punya nafsu makan
  • Nyeri otot dan sendi membengkak
  • Muncul ruam pada kulit setelah terpapar sinar matahari
  • Rambut mulai rontok
  • Jari-jari tangan dan kaki menjadi berwarna putih atau kebiruan

Namun, ketika lupus sudah menyerang organ-organ di dalam tubuh, gejala yang diderita anak-anak dan remaja umumnya adalah:

  • Peradangan Ginjal (Nefritis): urine berwarna gelap, diikuti dengan pembengkakan pada kaki dan kelopak mata.
  • Peradangan Paru-paru atau Selaput Paru: sesak napas dan nyeri dada
  • Peradangan Otak (Cerebritis): sakit kepala, memiliki daya ingat bermasalah, dan potensi kejang
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id