sign up SIGN UP

LIFE

Ketahui 4 Bahaya Cat Rambut Bagi Tubuh, Termasuk Resiko Kanker Lho!

Ade Irma Suryani | Sabtu, 15 Aug 2020 13:00 WIB
Ketahui 4 Bahaya Cat Rambut Bagi Tubuh, Termasuk Resiko Kanker Lho!
caption
Jakarta -

Bagi sebagian orang, mewarnai rambut memang merupakan suatu kesenangan pribadi. Apalagi saat ini ada begitu banyak berbagai warna cat rambut yang bisa dipilih untuk membuat tampilan rambut lebih menawan.

Meskipun begitu, seperti yang telah diketahui bahwa beberapa jenis cat rambut yang sering digunakan memang mengandung zat berbahaya bagi tubuh. Berikut informasinya di bawah ini.

 

1. Iritasi pada Kulit

Cat rambut dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala, wajah dan leher.
Iritasi pada Kulit/Foto: Freepik.com

Beberapa dari jenis cat rambut yang bersifat permanen, mengandung zat kimia seperti hidrogen peroksida dan amonia. Kedua zat tersebut ternyata memiliki efek samping terhadap tubuh, yaitu berupa iritasi pada kulit kepala, wajah dan leher jika terkena pada kulit. Reaksi yang ditimbulkan bisa berupa gatal atau perih dan kemerahan. Tak hanya itu, efek negatif dari hidrogen peroksida juga dapat membuat rambut menjadi kering, kusam dan mudah patah. 

 

2. Alergi

Kandungan zat kimia pada cat rambut dapat menyebabkan alergi.
Alergi/Foto: Freepik.com

Adanya kandungan zat yang berbahaya dalam cat rambut berupa paraphenylenediamine (PPD), maka hal ini dapat memicu terjadinya alergi. Gejala yang terjadi dapat berupa gatal-gatal hingga sensasi terbakar di kulit. Alergi ini sendiri dapat terjadi ketika kulit tidak dapat menerima kandungan bahan dari cat rambut tersebut. 

 

3. Kerontokan Rambut

Cat rambut dapat membuat rambut mudah rontok.Kerontokan Rambut/Foto: Freepik.com

Salah satu efek negatif dari penggunaan cat rambut adalah bisa menyebabkan rambut mudah patah dan rontok. Selain itu, menggunakan cat rambut yang berwarna lebih terang dari warna rambut yang alami dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang dan kerontokan yang lebih parah.

Hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan kadar peroksida yang begitu tinggi pada cat rambut tersebut. 

 

4. Memicu Resiko Kanker

Beberapa kandungan dari cat rambut bisa memicu resiko kanker.
Memicu Resiko Kanker/Foto: Freepik.com

Beberapa dari jenis cat rambut memang kaya akan kandungan zat kimia. Bisa saja mungkin kandungan zat kimia tersebut bersifat karsinogenik yang dapat  menyebabkan kanker. Meskipun masih memerlukan bukti lebih lanjut terkait hubungan antara cat rambut dan kanker pada manusia, namun pada hewan hal tersebut diketahui dapat meningkatkan resiko kanker. 

Terkait persoalan tersebut apakah dapat memicu resiko kanker atau tidak, akan lebih baik rasanya jika memilih pewarna rambut yang bersifat alami seperti henna atau yang lain sebagainya. Tentunya hal ini akan lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan rambut.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id