sign up SIGN UP

LIFE

Pernah Coba Bekam? Ini 8 Manfaatnya

Henny Alifah | Rabu, 08 Jul 2020 19:00 WIB
Pernah Coba Bekam? Ini 8 Manfaatnya
caption

Sekarang ini bekam mungkin sedang trendi, sebagaimana selebriti dunia pun banyak yang mencobanya, seperti Jennifer Anniston, Victoria Beckham, dan Gwyneth Paltrow. Namun, sebenarnya bekam bukan terapi yang hadir baru-baru ini saja. Mundur ke belakang, terapi bekam telah diperkenalkan sejak lama oleh budaya Mesir kuno, Cina, dan Timur Tengah. 

Bekam adalah terapi alternatif yang dilakukan dengan cara meletakkan cup khusus pada kulit selama beberapa menit untuk membuat pengisapan. Cup tersebut bisa terbuat dari kaca, bambu, tembikar, atau silikon.

Terdapat dua macam bekam, kering dan basah. Keduanya sama-sama menggunakan zat yang mudah terbakar seperti alkohol, herbal, atau kertas yang ditempatkan di dalam cup dan dipanaskan. Setelah panas, cup ditempatkan terbalik di kulit. Saat udara di dalam cup mendingin, terciptalah ruang hampa sehingga kulit tertarik dan memerah serta pembuluh darah berkembang.

Lalu, apa saja manfaat bekam?

1. Meningkatkan sirkulasi darah

terapi bekam yang dilakukan dengan menggunakan cup dapat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah
Terapi Bekam/ Foto: Freepik.com

Pengisapan dari cup bekam meningkatkan sirkulasi ke area tempat cup ditempatkan. Aliran darah tambahan ke area itu dapat membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan perbaikan sel.

2. Melepaskan racun

manfaat bekam, terapi yang menggunakan cup, dapat melepaskan racun dalam tubuh
Terapi Bekam/ Foto: instagram.com/thequeentotalbeauty

Dalam tubuh manusia memang sudah ada organ yang bertugas mengeluarkan racun dari darah, namun gaya hidup modern membebani tubuh dengan lebih banyak lagi racun-racun berbahaya. Salah satu manfaat bekam adalah membantu tubuh dalam melepaskan racun-racun tersebut. 

Warna darah yang keluar dari hasil bekam menunjukkan seberapa banyak racun dalam tubuh. Semakin pekat warnanya, semakin banyak pula racun yang dikeluarkan dari tubuh.

3. Mengurangi stretch mark dan bekas luka

manfaat bekam di antaranya dapat mengurangi bekas luka dan stretch mark
Terapi Bekam/ Foto: Instagram.com/lovecupping

Sebelumnya telah disebutkan bahwa manfaat bekam adalah meningkatkan sirkulasi darah. Nah, peningkatan aliran darah memungkinkan tubuh untuk membuang racun, mengembalikan sirkulasi limfatik, dan membantu menghilangkan edema (kelebihan cairan), yang mana ini membantu mengurangi munculnya jaringan parut. Penelitian telah menunjukkan efek positif bekam pada stretch mark dan bekas luka.

4. Mengurangi anxiety

manfaat bekam di antaranya dapat mengurangi anxiety atau kecemasan
Terapi Bekam/ Foto: Instagram.com/naseema_acupuncture

Saat cup diletakkan di kulit, sistem saraf parasimpatis akan terlibat, sebagaimana yang disebutkan oleh Resolution Health. Sistem saraf parasimpatis bertanggung jawab untuk memperlambat detak jantung, membantu pencernaan, serta meningkatkan aktivitas usus dan kelenjar. Ini merupakan metode relaksasi yang menenangkan. Jika digabung dengan terapi akupuntur, hasilnya disebut dapat lebih maksimal dalam mengatasi anxiety atau depresi.

5. Mengatasi kongesti dan asma

manfaat bekam di antaranya dapat mengatasi kongesti dan asma
Terapi Bekam/ Foto: Instagram.com/physioldn

Kongesti atau pembendungan darah terjadi karena penumpukan cairan atau dahak di paru-paru yang disebabkan oleh pilek, bronkitis. Kongesti dapat diobati dengan terapi bekam, demikian pula dengan asma. Hisapan dari cup bekam dapat memecah kongesti, membawa darah dan getah bening yang kaya oksigen ke paru-paru dan otot pernapasan lainnya.

Cup bekam biasanya diletakkan di punggung, tetapi bisa juga diletakkan di dada. Terapis bekam mungkin mendiamkan cup selama pengisapan, atau dengan lembut menggerakkannya ke atas untuk memfasilitasi pergerakan cairan getah bening. Bekam wajah juga dapat digunakan untuk membantu membebaskan sinus.

6. Membersihkan penyumbatan usus besar dan membantu pencernaan

manfaat bekam di antaranya dapat melancarkan sistem pencernaan
Terapi bekam/ Foto: Freepik.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat bekam adalah membantu kerja sistem saraf parasimpatis, yang meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan. Bekam lembut di atas perut juga merangsang bagian dalam organ pencernaan.

Ini akan membantu gerak peristaltik (kontraksi yang mendorong makanan melalui saluran pencernaan) sehingga membersihkan penyumbatan usus besar, mendorong darah dan cairan tubuh untuk bergerak melalui organ-organ tubuh, dan membantu meringankan gangguan pencernaan.

7. Mengatasi varises dan spider veins

manfaat bekam di antaranya dapat mengatasi varises dan spider veins
Terapi Bekam/ Foto: instagram.com/amalfitanoclinic

Varises, pembuluh darah kebiru-biruan tepat di bawah kulit yang tampak menonjol terjadi ketika katup di dalam vena tidak berfungsi dengan baik. Katup tidak secara efektif mendorong darah dari otot kembali ke jantung, sehingga darah membeku dan pembuluh darah memelintir dan membuncit.

Bekam kering dapat membantu untuk membawa aliran darah segar dan oksigen kembali ke area yang bermasalah. Memang butuh beberapa sesi bekam kering untuk mengatasinya, namun varises akan tampak lebih ringan mulai sesi pertama.

8. Menurunkan berat badan

manfaat bekam di antaranya dapat menurunkan berat badan
Terapi Bekam/ Foto: Freepik.com

Manfaat bekam yang lain juga disebut dapat menurunkan berat badan. Selain darah kotor, lemak berlebih dalam tubuh juga bisa disedot dari pori-pori tubuh lewat bekam. Adapun target pembekaman adalah titik-titik yang banyak jaringan lemaknya. Cara ini efektif karena bekam sendiri membuat metabolisme tubuh membaik. Meski begitu, metode ini perlu kamu iringi dengan latihan dan olahraga agar program diet bisa lebih maksimal.

Itu tadi delapan manfaat bekam. Kamu sudah pernah coba?

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id