sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 08 Jul 2020 06:00 WIB
Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan
caption
Jakarta -

Pepaya merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi sehingga baik untuk kesehatan. Biasanya, buah ini dikonsumsi untuk memperlancar pencernaan dan buang air besar. Tapi sayangnya, tidak banyak yang mengetahui bahwa biji pepaya juga banyak manfaatnya. Akibatnya, biji pepaya pun kebanyakan dibuang begitu saja. Nah, apa saja manfaat dari biji pepaya? Yuk simak artikel berikut ini!

Mengatasi Jerawat

Biji pepaya mampu atasi jerawat
Atasi Jerawat/freepik.com

Jerawat adalah masalah yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan biji pepaya. Caranya, tumbuk hingga halus biji pepaya kering dan daun pepaya. Setelah membentuk pasta, oleskan pada kulit yang berjerawat. Ramuan ini dapat membantu memperbaiki jaringan kulit dan mengatasi jerawat tanpa efek samping lho!

Mencegah Kanker

Siapa yang enggak ngeri dengan kanker? Nah, manfaat lain dari biji pepaya adalah mampu mencegah tumbuhnya sel kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition and Cancer mengungkapkan bahwa biji pepaya memiliki sifat antikanker karena mengandung banyak nutrisi dan antioksidan.

Meredakan Nyeri Otot

Biji pepaya mampu redakan nyeri otot
Redakan Nyeri Otot/freepik.com

Enggak banyak yang tahu kalau biji pepaya mampu meredakan nyeri otot. Untuk mendapatkan khasiat ini, kamu cukup mengonsumsinya sebanyak satu sendok sehari. Biji pepaya dapat meringankan nyeri otot karena memiliki sifat antiinflamasi. Selain itu, biji pepaya pun mengandung enzim papain dan chymopapain yang berguna untuk mengatasi masalah nyeri sendi, asam urat, bengkak, arthritis, hingga asma.

Melindungi Sistem Pencernaan

Bukan hanya buahnya saja. Biji pepaya dapat melindungi kesehatan sistem pencernaan lho. Sebab, biji pepaya memiliki nutrisi penting dan khasiat sebagai antibakteri yang efektif melawan bakteri. Sehingga, pencernaan kita dapat terjaga dari bakteri jahat. Bukan hanya itu saja. Biji pepaya juga mampu membunuh parasit dalam pencernaan.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Pepaya bermanfaat untuk lindungi kesehatan ginjal
Biji Pepaya/freepik.com

Terakhir, biji pepaya juga sangat bermanfaat untuk melindungi kesehatan ginjal. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh African Health Sciences, tikus yang diberikan ekstrak biji pepaya memiliki ginjal yang sehat dan terhindar dari kerusakan akibat paracetamol. Hal ini dikarenakan antioksidan dalam biji pepaya dapat menghambat kerusakan sel-sel pada ginjal.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id