sign up SIGN UP

LIFE

Lakukan 4 Hal Ini Ketika Hormonmu Tidak Seimbang

Dimitrie Hardjo | Rabu, 13 Jan 2021 20:30 WIB
Lakukan 4 Hal Ini Ketika Hormonmu Tidak Seimbang
caption

Hormon merupakan suatu zat yang dihasilkan kelenjar endokrin dalam tubuh dan mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Gangguan hormon berarti ada kelenjar dalam tubuhmu yang tidak melakukan fungsinya dengan baik,

Hal ini menyebabkan hormon yang dihasilkan tidak seimbang, bisa kurang atau justru berlebihan. Keadaan seperti ini bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, gangguan tidur, jerawat yang kronis, kelelahan, dan gangguan kesehatan lain.

Jadi, kita harus waspada akan apa yang terjadi pada tubuh kita.  Oleh karena itu, penting mengetahui penyebab hormon yang tidak seimbang tersebut dan cara mengatasinya, Ladies! Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Hormon Tidak Seimbang

Penyebab hormon tidak seimbang.
Penyebab hormon tidak seimbang. Foto: unsplash.com

Tidak seimbangnya hormon disebabkan oleh gaya hidup yang tidak teratur. Kurang istirahat atau sebaliknya, kehidupan pasif, tidak banyak bergerak bisa mempengaruhi hormonmu.

Selain itu, pola makan tidak teratur dan tidak sehat juga berdampak pada produksi hormon dalam tubuh. Kehamilan, menopause, dan konsumsi pil KB tanpa pengawasan juga bisa membuat hormon tidak seimbang lho, Ladies!  

Cara Menyeimbangkan Hormon

1. Lakukan diet sehat

Diet sehat.
Diet sehat. Foto: freepik.com

Makan gorengan memang enak, tapi konsumsi makanan sehat tidak hanya lezat, tapi juga sangat baik untuk tubuhmu. Perbanyak konsumsi sayur dan buah pada menu makananmu. Mengurangi kafein dan alkohol juga akan sangat membantu tubuhmu mengontrol produksi hormon lho!

2. Manajemen stres yang baik

Manajemen stres yang baik.
Manajemen stres yang baik. Foto: freepik.com

Perubahan suasana hati akibat overthinking yang berujung pada stres bisa berakibat pada melonjaknya produksi hormon. Kamu bisa mencegahnya dengan melakukan meditasi, journaling, atau sekadar curhat ke teman dekat bisa menjadi cara kamu menghindari stres.

3. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup.
Tidur yang cukup. Foto: freepik.com

Eits, jangan dianggap sepele! Tidur bisa mengembalikan keseimbangan hormon karena akan memperbaiki fungsi kelenjar penghasilnya. Tidurlah 8 jam setiap malam dan tubuhmu akan sangat berterima kasih padamu.

4. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur.
Olahraga secara teratur. Foto: freepik.com

Ketika kamu berolahraga, racun dalam tubuhmu akan keluar bersama dengan keringat sehingga membuat kelenjar pada tubuhmu tetap sehat. Olahraga secara rutin agar kesehatanmu tetap terjaga!

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id