sign up SIGN UP

LIFE

Lakukan 4 Trik Berikut Ini Biar Kamu Semangat Olahraga!

Anastasia Martina | Selasa, 12 Jan 2021 14:30 WIB
Lakukan 4 Trik Berikut Ini Biar Kamu Semangat Olahraga!
caption
Jakarta -

Setiap menjelang awal tahun, kita pasti tidak asing dengan yang namanya resolusi tahun baru. Resolusi tahun baru yang dibuat biasanya berkaitan dengan kesehatan tubuh, pengembangan diri, dan soal keuangan.

Dilansir dari goskills.com, lebih banyak berolahraga dan menurunkan berat badan adalah dua resolusi tahun baru yang paling banyak dibuat. Kunci dari tercapainya resolusi ini adalah konsistensi.

Nah, gimana sih caranya agar kita bisa konsisten berolahraga? Kali ini Beautynesia mau kasih tahu empat trik yang bisa kamu lakukan biar kamu semangat untuk olahraga. Ini dia triknya!

Mulailah dari olahraga yang mudah dilakukan dalam durasi singkat

memulai dari durasi paling singkat
memulai dari durasi paling singkat/photo by Jenny Hill on Unsplash

Saat baru memulai kebiasaan berolahraga, biasanya kita merasa antusias dan rasanya ingin melakukan lebih banyak olahraga lagi. Namun, kalau langsung memulai olahraga dengan intensitas yang tinggi di awal-awal bisa bikin kamu jadi burnout, lho. Akibatnya, goals untuk rutin berolahraga malah tidak tercapai.

Jadi, mulailah dengan olahraga yang mudah dan lakukanlah dengan durasi yang disesuaikan dengan kemampuanmu. Setelah tubuh mulai terbiasa berolahraga, kamu bisa menambah jatah olahragamu dan meningkatkan intensitasnya. Cara ini bakal bikin kamu konsisten berolahraga.

Siapkan pakaian dan alat olahraga semalam sebelumnya

persiapkan alat dan pakaian olahraga
persiapkan alat dan pakaian olahraga/photo by Erica Steeves on Unsplash

Kunci agar konsisten berolahraga adalah perencanaan yang baik, karena itu persiapkan pakaian olahraga dan alat yang kamu butuhkan pada malam hari sebelum tidur. Dengan menyiapkan alat dan pakaian olahraga di malam hari, kamu lebih bersemangat menjalankan olahraga. Selain itu, juga lebih hemat waktu karena kamu tidak perlu tergesa-gesa di pagi harinya.

Tetapkan goals yang realistis

tetapkan goals yang realistis
tetapkan goals yang realistis/photo by Sergio Pedemonte on Unsplash

Hal yang tak kalah penting untuk membangun kebiasaan berolahraga adalah goals yang spesifik dan realistis. Dilansir dari Business Insider, resolusi yang tidak spesifik menjadi alasan tidak tercapainya resolusi tahun baru.

Daripada mengatakan, "Tahun ini, aku harus mulai berolahraga." coba ganti dengan misalnya, "Aku akan rutin berjalan kaki tiga kali seminggu selama 20 menit." Dengan durasi waktu yang jelas, kita pun akan lebih mudah mencapai goals untuk rutin berolahraga.

Nikmati prosesnya

nikmati prosesnya
nikmati prosesnya/photo by bruno nascimento on unsplash

Setelah mulai berolahraga, hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menikmati proses dari berolahraga itu sendiri. Buatlah sesi olahragamu jadi menyenangkan dengan memakai pakaian olahraga yang lucu atau berolahraga sambil mendengarkan podcast favoritmu.

Bagaimana, Ladies? Sudah siap untuk hidup lebih sehat tahun ini?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id