sign up SIGN UP

LIFE

Masih Dianggap Tabu, Ini 5 Manfaat Pergi ke Psikiater

Sheila Fathin | Sabtu, 20 Feb 2021 23:00 WIB
Masih Dianggap Tabu, Ini 5 Manfaat Pergi ke Psikiater
caption

Masih banyak orang menganggap bahwa pergi ke psikiater adalah orang yang memiliki ganguan kejiwaan. Pada dasarnya memang benar Psikiater adalah dokter medis yang menangani pasien dengan gangguan kejiwaan. Namun, konteks gangguan kejiwaan ini terbagi menjadi 3 tahap yaitu ringan, sedang dan berat.

Sedangkan pergi ke Psikiater tidak perlu menunggu hingga kamu sampai di tahap yang berat. Pasalnya, dengan berkunjung atau berkonsultasi sederhana dengan Psikiater kamu bisa mendiagnosis permasalahan jiwa yang sedang kamu alami dan bisa mencegahnya sebelum terlambat. 

Beberapa orang masih menganggap pergi ke Psikiater atau berkonsultasi dengan mereka adalah hal yang tabu. Beberapa orang juga beranggapan hanya orang "gila" saja yang butuh penanganan dokter jiwa. Padahal, jika kamu memiliki beban pikiran yang akhirnya sampai menggangu aktifitasmu sehari-hari, kamu perlu membicarakannya dengan seorang yang ahli dalam bidangnya.

Selain itu, dengan berkunjung ke Psikiater kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat yang menguntungkanmu. Apa saja itu?

Bercerita Tanpa Takut Dihakimi

Girls
unsplash.com

Terkadang bercerita dengan orang asing lebih nyaman daripada bercerita dengan orang yang kita kenal. Pasalnya, kita merasa takut akan komentar-komentar yang menghkimi kita. Entah itu pandangan mereka ke diri kita atau pola pikir mereka yang berubah ketika kita menceritakan permasalahan kita. Parahnya lagi permasalahan kita dibanding-bandingkan dengan milik mereka. Rasanya nggak banget lah, ya.

Dengan kamu datang untuk berkonsultasi ke Psikiater atas masalahmu, kamu tidak akan mendapatkan penghakiman atas permasalahan yang kamu hadapi. Malahan, kamu mendapatkan solusi atas permasalahanmu. Selain itu, kamu bisa bercerita leluasa tanpa perlu ada perbandingan siapa yang merasa paling susah dalam hidupnya.  

Meringankan Beban Pikiran

Happy girls
unsplash.com

Ketika kamu memulai berkonsultasi pertama kali dengan Psikiater, kamu akan merasa bingung memulai bercerita dari mana. Tidak masalah, itu hal yang wajar. Namun, lama-lama cerita yang ingin kamu sampaikan perlahan-lahan akan keluar begitu saja. Mungkin segala emosimu akan keluar juga sewaktu menceritakan beban yang sedang kamu alami. Psikiater tidak akan berkomentar apapun ketika kamu menceritakan semua masalahmu. Mereka akan diam dan mendengarkan. 

Setelah kamu selesai menceritakan apa yang sedang kamu alami, kamu akan merasakan rasa ringan dalam pikiranmu. Memang tidak seratus persen, tapi perlahan-perlahan beban itu mulai ringan. Psikiater juga akan membantumu memberikan solusi terbaik.

Mampu Mendiagnosa Keadaan yang Kamu Alami

Psikiater akan menjelaskan secara rinci apa-apa yang sedang terjadi denganmu. Dan bagaimana cara menanganinya. Psikiater akan mendiagnosa gangguan apa yang sedang kamu alami, sehingga kamu dan Psikiater sama-sama bisa bekerja sama untuk menyembuhkan masalah yang ada di dalam dirimu. 

Mampu Memberikan Perawatan yang Maksimal

Psikiater
Psikiater/unsplash.com

Psikiater akan memberikanmu perawatan yang sesuai dengan kondisi yang kamu alami. Sering kali Psikiater memberikan perawatan psikologis terlebih dahulu, namun, bila keadaan yang dialami tidak kunjung membaik Psikiater akan mengeluarkan resep obat dan memeriksa kesehatan fisik. 

Meningkatkan Kesehatan Mental

Happy Girl
unsplash.com

Dengan datang ke Psikiater hanya untuk berkonsultasi sederhana mampu meningkatkan kesehatan mentalmu lho, beauties. Kamu akan merasa pikiranmu kembali jernih dan mampu untuk menjalani hidupmu lebih baik lagi. Kamu akan semakin peka dengan kesehatan mentalmu dan semakin bisa mencintai diri sendiri. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id